1 Liter Beras Berapa Kilogram? Begini Rumus dan Cara Hitung

Perhitungan beras eceran umumnya memiliki dua takaran, yaitu dalam liter dan dalam kilogram. Kemudian yang menjadi masalah adalah antara kilogram dan liter memiliki jumlah yang sama berat atau tidak.

Rumus dan cara hitung

  1. Pengertian

Sebelum mengetahui rumus dan cara perhitungannya, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian liter dan kilogram. Liter (L) merupakan satuan dari volume. Sedangkan kilogram (kg) merupakan satuan massa (berat).

  1. Rumus

Untuk melakukan konversi antara liter dan volume, harus terlebih dahulu diketahui terlebih dahulu massa jenis benda yang akan dikonversi. Rumus yang digunakan untuk konversi satuan antara liter ke kilogram dan kilogram ke liter dapat menggunakan rumus sebagai berikut: m = ρ x V.

Dimana m merupakan massa benda memiliki satuan kilogram, ρ merupakan massa jenis dengan satuan kg/liter dan  v merupakan banyaknya volume dan memiliki satuan liter.

  1. Cara hitung

Untuk mengetahui 1 liter beras berapa kilogram, kita akan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas. Massa jenis (ρ) yaitu 0,753 kg/L maka berapa kilogram beras.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *