Agri Bisnis dan Beberapa Jenisnya yang Patut Anda Geluti

Salah satu hobi yang bisa dijadikan sebagai bisnis adalah agri bisnis. Agri bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki objek tanaman. Bisnis ini cukup diminati mengingat semakin tinggi kesadaran masyarakat tentang alam yang hijau dan segala keindahannya. Lantas bagaimana pengertian serta jenis bisnis yang bisa digeluti? Berikut ulasannya.

Pengertian Agribisnis

Sebenarnya, agribisnis bukan bagian dari kata baku. Dalam KBBI, kata baku untuk agribisnis adalah agrobisnis. Pengertian agrobisnis sendiri adalah usaha yang berkaitan dengan tanaman atau tanah. Dari pengertian ini, tentu Anda sudah dapat membayangkan apa saja usaha yang masuk dalam bagian agrobisnis.

pxhere.com

Jenis Agribisnis yang bisa Anda Geluti

Beberapa hal berikut adalah jenis agribisnis yang bisa menjadi pilihan usaha Anda. Simak baik-baik!

Menjual Sayur Organik

Sayur organik dinilai sebagai sayur yang lebih sehat dibanding dengan nonorganik. Ini mengapa peminat sayuran organik menjadi lebih banyak meskipun secara harga jauh lebih mahal. Hal ini pula yang menjadikan bisnis sayur organik patut Anda geluti. Namun tentu saja, Anda harus mengerti benar tentang cara bertanam organik. Sebab, cara bertanam semacam ini tidak mudah.

Karena itu, Anda harus rajin mencoba dan mencari tahu cara menanam yang benar. Bukan hanya itu, Anda juga harus belajar memasarkan sayuran organik yang Anda hasilkan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memperbanyak wawasan bisnis Anda. Salah satunya dengan banyak membaca blog bisnis seperti Nyampling.

Menanam Rempah-Rempah

Rempah-rempah akan selalu dicari selama masih ada orang yang memasak di Indonesia. Bukan hanya untuk memasuk, rempah juga digunakan untuk pengobatan atau jamu. Alasannya, karena banyak zat positif yang terkandung dalam rempah-rempah yang mampu membuat kerja tubuh semakin baik.

Dari sini, Anda patut mempertimbangkan potensi bisnis dari rempah-rempah ini. Lebih-lebih iklim di Indonesia sangat cocok untuk menanam dan melakukan budidaya tanaman berkhasiat tersebut.

Menjual Bibit Tanaman Unggul

Tanaman unggul tentu saja lebih menarik perhatian. Sebab, umumnya tanaman unggul bisa menghasilkan buah yang lebih manis atau bahkan lebih besar. Bisnis semacam ini sudah banyak digeluti saat ini. Banyaknya pelaku bisnis ini seiring dengan banyaknya minat masyarakat terhadap tanaman unggul.

Umumnya tanaman unggul dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan. Selain untuk menghias pekarangan, tanaman ini juga digunakan untuk peneduh sekaligus penghasil buah yang bisa dinikmati oleh pemiliknya.

pxhere.com

Bertani Bunga

Di daerah pegunungan, telah banyak petani bunga dengan omset cukup besar. Umumnya, bunga yang ditanam adalah bunga-bunga yang biasa dijadikan buket, terutama mawar. Tanaman-tanaman ini dipetik dan dikemas sedapat mungkin agar tetap terjaga kesegarannya. Bunga juga diperlakukan secara khusus agar tidak rusak baik saat proses petik atau proses pengiriman ke toko yang menjual bunga.

Seperti yang Anda ketahui, banyak momen yang selalu membutuhkan bunga sebagai pelengkap. Sedang begitu, tidak semua orang menyukai bunga imitasi.

Budidaya Jamur

Peminat jamur tentu cukup banyak. Olahan-olahan yang menggunakan jamur juga banyak. Jamur bisa diolah menjadi sup, menjadi campuran tumis, atau menjadi isi lumpia. Jamur juga bisa dijadikan keripik dan dikemas dengan menarik. Ini mengapa budidaya jamur tergolong menguntungkan.

Namun demikian, tentu akan lebih baik jika budidaya jamur ini dilakukan sendiri mulai membuat bibit hingga olahan jamur. Memang, hal itu tidak mudah. Tetapi, dengan mengendalikan sendiri proses ini, Anda bisa meraup lebih banyak keutungan. Jika hal itu tidak bisa Anda lakukan, maka cukup Anda lakukan proses bisnis jamur dari sisi yang paling Anda kuasai. Itu saja.

pxhere.com

Menciptakan Wisata Kebun

Wisata kebun sudah menjadi trend. Suatu tempat bisa disulap menjadi kawasan wisata dengan menanaminya banyak bunga dan menjadikannya taman atau kebun bunga. Kebun buah seperti kebun durian bahkan bisa juga disulap menjadi kawasan wisata. Tidak hanya berfoto atau menikmati suasana kebun, pengunjung juga bisa menikmati buah di tempat secara gratis atau bisa dengan skema harga khusus.

Demikian. Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa menjadi lebih tahu jenis-jenis agribisnis yang mungkin Anda minati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *