home Industri Akrilik/Mika Pilihan Terbaik

Akrilik/Mika Pilihan Terbaik

Akrilik tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda para pecinta aksesoris. Bahan yang satu ini sering menjadi aksesoris ataupun digunakan di berbagai hal bahkan untuk pengganti kaca maupun untuk melapisis berbagai barang. Akrilik/Mika merupakan bahan yang terbuat dari plastik yang menyerupai seperti kaca.

Sifatnya yang lentur dan fleksibel membuatnya lebih mudah untuk dibentuk apapun dan dengan tingkat kerumitan seperti apapun. Inilah yang membuat akrilik lebih banyak dicari oleh para penggemarnya. Banyak sekali keunggulan dari akrilik ini. Akrilik ini berbeda dengan atum dan nilainya jauh lebih mahal darinya.

Dibandingkan kaca ataupun plastik biasa, bahan ini jauh lebih unggul. Selain fleksibel, bahan yang satu ini juga tidak mudah pecah, ataupun tidak mudah robek. Bahan ini justru akan sangat mudah untuk dikilapkan, dicat, dipotong atau dibor bahkan sangat ringan dan tidak khawatir jika dipegang oleh anak kecil.

pixabay.com

Yang lebih menarik, akrilik dapat dibentuk berbagai macam secara thermal, dan dapat digunakan untuk benda bagian dalam ataupun bagian luar ruangan. Contohnya seperti kaca kapal selam yang rata-rata menggunakan bahan akrilik. Namun, orang awam yang tidak mengetahui keunggulan dari akrilik lebih menilai lebih kaca.

Berbagai warna yang menempel di akrilik akan lebih tahan lama atau sulit untuk memudar, walaupun terkena sinar matahari secara langsung dan keadaan cuaca yang tidak menentu. Terlebih jika dioleskan dengan warna lain akan jauh lebih menempel dan merata secara sempurna.

Secara umum, sifat dari akrilik adalah transparan dan bening, kuat, lentur, bertahan lama dan dapat dibentuk berbagai macam bentuk. Tidak hanya dapat melapisi barang-barang atau membentuk suatu barang dan dikombinasikannya, namun akrilik juga dapat digunakan untuk membungkus atau tempat makanan yang aman.

Berdasarkan penelitian, bahan ini sangat aman untuk karena mikroorganisme atau bakteri tidak bisa berkembang. Inilah yang menjadi alasan selain simpel karena memang aman untuk digunakan. Dengan begitu tidak khawatir dan berbeda dengan plastik yang memiliki kandungan warna yang terbuat dari bahan kimia berbahaya.

Selain itu, akrilik juga sangat mudah untuk dibersihkan dan tidak terpengaruh dengan cuaca sekitar. Kejernihannya bisa bertahan lama asalkan rajin untuk membersihkannya. Tahan benturan membuatnya lebih banyak digunakan untuk berbagai medan area. Dengan begitu akan sangat menghemat biaya.

pixabay.com

Setelah mengetahui sifat-sifat dari akrilik ini membuat keuntungan sendiri bagi para pemilik jasa laser cutting terutama cutting akrilik. Untuk selanjutnya, perlu Anda pahami jenis-jenis akrilik yang biasa digunakan dan banyak diminati oleh para pengguna jasa. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Akrilik cetakan

Dalam akrilik ini adalah akrilk cair ditekan diantara dua potong pencetakan kemudian baru melewati proses pemanasan. Dengan begitu lembaran akrilik yang dihasilkan akan jauh lebih kuat dari tipe yang satunya. Ini membuat kualitasnya lebih baik seperti lebih tahan lama, mengkilap, tidak mudah menimbulkan goresan dan lebih mahal.

Akrilik Ekstrusi

Akrilik jenis ini terbuat dari plastik yang dicairkan kemudian melewati tahap roller dan masuk pada tahap pendinginan. Oleh karenanya, tekstur yang dihasilkan jauh lebih lembut dan ringan. Namun, dibandingkan akrilik cetakan, ekstrusi akan mudah untuk terkena goresan bahakan akan mengandung kotoran.

Dengan begitu, sudah jelas jika kualitasnya di bawah akrilik cetakan. Sehingga harga jualnyapun akan jauh lebih murah. Namun, dipasaran jenis ini akan sangat banyak diminati untuk bahan pembuat display, plang dan lain sebagainnya.

Itulah dua jenis akrilik yang sering digunakan untuk berbagai bahan perlengkapan rumah tangga atau yang lainnya. Selain dua jenis tersebut, ada beberapa macam akrilik seperti akrilik solid, akrilik susu, akrilik warna ataupun akrilik bening. Berbagai akrilik tersebut mampu dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Bahannya yang transparan atau tembus pandang membuat barang yang terbuat dari akrilik akan tidak menimbulkan kesan memenuhi ruangan. Salah satu contoh adalah pembuatan etalase dari akrilik. Selain membuat rapi sekaligus mengisi bagian rumah, akrilik ini akan jauh lebih indah di pandang.

Contoh lain seperti rak sepatu ataupun kanopi rumah. Dibandingkan dengan kaca, kanopi rumah akan lebih tahan lama dengan menggunakan bahan akrilik. Dengan demikian kanopi akrilik ini akan jauh lebih mahal dari kanopi kaca. Warna yang polos dapat membuat ruangan menjadi lebih bersih.

Selain itu, warna putih akan membuat ruangan semakin sejuk karena sinar matahari tidak bisa tembus ke ruangan. Inilah alesan mengapa banyak jasa laser cutting banyak dicari oleh para pennggemarnya.

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai akrilik atau yang sering disebut mika. Akrilik/mika inilah yang mambu membuat semuanya menjad lebih sempurna. Keunggulan yang dimiliki membuat bahan ini banyak dicari oleh para penggemarnya. Oleh karena itu tdak heran jika harganyapun sebanding dengan kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *