home Islam Yuk Ketahui Pentingnya Belajar Alqur’an Dan Tajwid

Yuk Ketahui Pentingnya Belajar Alqur’an Dan Tajwid

Salah satu ilmu pengetahuan yang khusus membahas serta memberikan tata cara untuk mengucapkan setiap hurufnya, oleh karena penting untuk mempelajari ilmu tajwid. Ilmu satu ini, juga mampu memberikan penjelasan lebih terkait dengan sifat sifat huruf hijaiyah yang memang perlu diketahui dan dipahami. Untuk itulah, penting untuk mempelajari Alqur’an dan tajwid agar tidak salah dalam mengartikannya.

Pentingnya Untuk Belajar Alquran Beserta Tajwidnya

  1. Membenarkan Arti Sebenarnya

Seperti ketika belajar bahasa lainnya, ketika ada salah satu bacaan yang kurang tepat pengucapannya maka artinya bisa berbeda dari yang dimaksudkan. Ternyata hal tersebut juga berlaku ketika membaca Alqur’an, sehingga arti yang sebenarnya ingin disampaikan bisa tersalurkan dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat Alqur’an merupakan kitab yang begitu mulia dan menjadi sebuah panutan para pemeluknya.

Sebagai firman mulia dari Sang Pencipta Seluruh Alam, tidak semestinya jika membaca firmannya yang diagungkan dengan asal asalan seperti membaca buku lainnya. Anda perlu untuk memperhatikan mahraj, hukum bacaan, dan berbagai aspek penting lainnya. Oleh karenanya, tujuan utama dari mempelajari Alqur’an dan tajwid merupakan bentuk dari akhlak baik untuk membaca setiap firman yang diturunkanNya.

pixabay.com
  1. Menghindari Dari Adanya Kesalahan Bacaan

Ketika belajar mengaji, anda pasti pernah dibenarkan cara pembacaan suatu huruf oleh para ustad atau ustadzah. Bukan tanpa alasan, sebab pengucapan yang berbeda akan mengandung arti yang berbeda pula. Bayangkan saja ketika adanya kesalahan baca dalam ayat Alqur’an tetapi tidak ada yang menegurnya ? Ada kemungkinan akan menjadi sebuah kesalahan, yang tidak disadari oleh sang pengucap.

Pembelajaran ilmu tajwid menjadi begitu penting, lantaran setiap kata yang terucap tentu memiliki makna tersendiri yang ingin disampaikan kepada umatnya. Akan ada perasaan malu, ketika anda salah mengucapkan suatu kata bukan ? Begitu pula ketika belajar ilmu tajwid, yang membantu anda untuk melafalkan suatu kata tertentu. Mampu memberikan penjelasan beserta maksud daripada arti setiap katanya, menjadi salah satu pentingnya belajar Alqur’an dan Tajwid.

Meski terdengar sepele ketika ada kesalahan pengucapan kalimat di Alqur’an, ditakutkan akan berakibat mendapatkan dosa. Kesalahan sepele yang paling umum terjadi yaitu membaca harakat, huruf, hingga kalimat yang mampu mengubah makna sesungguhnya yang tertuang pada Alqur’an. Kita juga tidak boleh mengganti salah satu kalimat di dalam Alqur’an, meski memiliki arti yang serupa.

Tahukah alasan kenapa tidak dilarangnya mengganti kalimat dengan kalmat bahasa arab lain meski artinya serupa ? Sebab setiap kalimat, harakat, huruf, beserta susunan kalimat dalam Alqur’an terdengar lebih indah dengan makna yang begitu dalam. Bahkan ada kemungkinan, para ciptaannya tidak akan mampu mengetahuinya kecuali Dia Yang Maha Tahu Segalanya.

  1. Mengetahui Adanya Perbedaan Hukum

Tahukah  anda apa yang sulit ketika mempelajari ilmu tajwid ? Tingkat kesulitan yang umumnya dirasakan, yaitu menghindari adanya kesalahan pengucapan. Hanya salah satu huruf saja, arti beserta makna yang disampaikan mungkin akan berbeda. Belum lagi panjang pendeknya pengucapan, bisa menjadi hal fatal bila kesalahan tersebut tidak segera diperbaiki. Lalu bagaimana cara menghindari adanya kesalahan pengucapan ?

Terus belajar yang berkaitan dengan ilmu tajwid, menjadi salah satu solusi tepat untuk menghindari kesalahan dalam pengucapan. Agar lebih mudah, silahkan untuk meminta bantuan para ustad ataupun ustadzah terdekat untuk membenarkan tajwid yang mungkin salah diucapkan. Dengan melatihnya secara rutin, dijamin cara membaca alqur’an dan tajwid menjadi lebih tepat dan sesuai dengan arti yang dimaksudkan di dalam Alqur’an.

pixabay.com
  1. Menjadi Sebuah Syarat Utama Sebelum Menghafal Alqur’an Yang Benar

Apakah anda bercita cita untuk bisa hafal Alqur’an ? Selain menjadi sebuah cita cita yang mulia, akan ada segudang manfaat ketika bisa menggapai keinginann tersebut. Namun sebelum menggapai keinginan tersebut, penting untuk mempelajari cara membaca Alqur’an seberta ilmu tajwidnya. Akan terasa sia sia, bila bisa menghafalkannya namun belafalan yang berbeda justru membawa arti yang berbeda pula.

Mengetahui setiap hukum dalam ilmu tajwid, membantu anda untuk mewujudkan impian tersebut. Selain membenarkan pelafalan beserta artinya, hafalan Alqur’an nantinya dapat dipertanggung jawabkan secara maksimal di akhirat kelak. Terutama jika ilmu yang anda terima kemudian disalurkan kepada anak anak maupun setiap umat Nya, dipastikan ilmu akan terus mengalir sebagai pahala yang tiada tara.

  1. Melatih Lidah Agar Terbiasa

Semua hal yang baru saja dipelajari, akan tampak sulit dilakukan pada awalnya. Begitu pula ketika membiasakan membaca alqur’an beserta tajwidnya, tidaklah semudah ketika mendengarkan ataupun mendengarkan hukumnya belaka. Diperlukan usaha lebih keras nan rutin, lidah terbiasa untuk mengucapkannya dengan lebih lentur. Sebab, ada kalanya beberapa tajwid terasa sangat asing ketika diucapkan hingga membuat lidah terasa kaku.

Mungkin memang benar bila awalnya lidah akan terasa kering dan kaku usai membaca alqur’an dan tajwid bersamaan. Namun seiring berjalannya waktu, lidah akan mulai terbiasa dan bisa mengucapkannya dengan benar. Apabila ingin mendapatkan pesantren tahfidz quran putri terbaik, silahkan mendaftarkan putrinya ke Ummu Habibah. Disini si kecil akan akan mendapatkan bekal ilmu tajwid, yang bisa meningkatkan kualitas bacaannya.

pixabay.com
  1. Bermanfaat Bagi Masyarakat

Mempelajari ilmu tajwid merupakan fadu kifayah, sedangkan penerapannya sendiri merupakan fardu ain. Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bila, setiap umatNya harus mau mempelajari ilmu tajwid sebelum membaca ataupun menghafal Alqur’an. Ketika pengucapan setiap kalimatnya benar, tentu makna yang tersampaikan akan diterima dengan baik. Bahkan ilmu yang telah dipelajari ini, bisa disalurkan kepada orang lain.

Dibalik pentingnya mempelajari ilmu tajwid, ada sebuah tujuan kenapa pembelajaran ini diperlukan. Tentu saja tujuan utama dari pembelajaran ilmu tajwid adalah untuk mengetahui huruf mahrajnya, kalimat yang tepat untuk berhenti diucapkan, mengetahui cara membaca berbagai hukum bacaan tepat, dan berbagai tujuan lainnya. Usai mempelajarinya, dijamin kualitas bacaan Alqur’an dan tajwid akan semakin meningkat.

Tidak boleh sembarangan diucapkan, oleh karenanya penting untuk mempelajari ilmu tajwid sebelum menghafal setiap firman yang diturunkan Tuhan melalui alqur’an. Ummu Habibah, menjadi pondok pesantren bagi anak putri tercinta yang ingin menghafalkan Alqur’an beserta tajwidnya dengan tepat. Dengan bimbingan para pengajarnya, dijamin kualitas bacaannya akan semakin meningkat dan sesuai dengan makna yang disampaikan di Alqur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *