home Pengetahuan Apa Itu Saintek dan Bagaimana Prospeknya di Dunia Kerja?

Apa Itu Saintek dan Bagaimana Prospeknya di Dunia Kerja?

Salah satu hal yang sangat penting dalam persiapan masuk ke perguruan tinggi yaitu menentukan jurusan kuliah dan program studi (prodi). Hal in dianggap penting mengingat jurusan kuliah menjadi hal yang akan dihadapi kurang lebih selama 4 tahun dalam usia pendidikan tinggi. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan penentuan ini dengan matang. Nah, salah satu pertanyaan yang paling umum di masa-masa penentuan ini diantaranya apa itu saintek? Dan apa itu soshum?

Mengenal Perbedaan Kumpulan Pengetahuan dalam Penjurusan Kuliah

Apa itu saintek? Apa itu soshum atau bahkan campuran? Agar Anda tidak terburu pusing, pmaka perlu diketahui bahwa tiap tahunnya, para lulusan SMA dan setara harus menempuh tes SBMPTN untuk bisa mendaftar ke perguruan tinggi yang diinginkan. Dalam tes tersebut, peserta dapat memilih jurusan saintek, soshum maupun campuran.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengetahui macam rumpun pengetahuan ini, berikut ini penjelasan singkat beserta beberapa contoh jurusan yang terkait dengannya;

Saintek

Saintek sendiri merupakan singkatan dari Sains dan Teknologi atau biasa dikenal sebagai kelompok IPA. Dengan demikian, jelas bahwa materi yang diulas cenderung ke matematika, fisika, kimia dan biologi. Nah, contoh jurusan yang ada dalam kelompok Saintek ini diantaranya;

  • Kedokteran
  • Teknik
  • Farmasi
  • Kimia
  • Matematika
  • Fisika

Soshum

Soshum adalah singkatan Sosial dan Humaniora dan dikaitkan dengan kelompok IPS dengan contoh jurusan antara lain;

  • Ekonomi
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Politik
  • Sastra
  • Hubungan Internasional

Campuran

Sesuai namanya, maka rumpun campuran ini merupakan gabungan dari Saintek dan Soshum. Misalnya, peserta memilih jurusan Kedokteran sebagai pilihan pertama dan jurusan Akuntansi sebagai pilihan kedua. Seperti yang diketahui bahwa jurusan Kedokteran termasuk ke dalam ranah Saintek  sementara Akuntansi masuk ke Soshum. Dengan demikian, peserta tes tersebut bisa memilih kelompok Campuran.

pexels.com

Mengenal Pilihan Saintek pada UTBK SBMPTN dan Bagaimana Prospeknya

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas tentang peminat jurusan dari kelompok Saintek dimana  kelompok ini memiliki peminatan yang lebih tinggi dibanding kemlopok lainnya. Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan cara untuk mendapatkan serta mempergunakan pengetahuan, teknologi merupakan penerapan ilmu, utamanya natural science. Dengan kata lain, definisi dari saintek bisa dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang proses dan cara kerja alam dalam meningkatkan taraf hidup manusia.

Meskipun terkesan sangat menjanjikan peluang yang luas di dunia kerja saat ini, Anda juga perlu mengetahui bagaimana prospek yang ada pada rumpun saintek ini sehingga dapat membuat pertimbangan yang lebih matang. Nah beberapa prodi populer dengan prospek yang menjanjikan diantaranya;

Pendidikan Dokter

Salah satu program studi yang paling banyak diminati calon mahasiswa setiap tahunnya adalah prodi Pendidikan Dokter diamna mahasiswa akan mempelajari seluk-belukilmu medis, pemeliharaan kesehatan, pencegahan serta pengobatan penyakit. Tentunya mahasiswa harus menguasai ilmu anatomi, fungsi maupun interaksi dalam tubuh manusia meliputi tulang, otot, saraf maupun indera. Materi lain yang juga perlu dipelajari diantaranya histologi, fisiologi hingga biokimia.

Prodi Pendidikan Dokter ini memiliki alur panjang dimana dalam jenjang S1, mahasiswa harus menjalani berbagai macam ujian, seperti halnya ujian blok hingga ujian OSCE. Setelah lulus, maka gelar S.Ked didapat untuk menjalani Program Profesi Dokter sebelum akhirnya mengambil sumpah dokter dan boleh menyandang gelar dokter (dr).

Bicara soal prospek, tentu saja menjadi seorang dokter akan sangat menjanjikan begitu banyak manfaat bagi masyarakat. Lulusan biosa mengabdikan diri sebagai dokter di klinik maupun rumah sakit negeri maupun swasta. Bahkan dokter juga bisa membuka praktek sendiri setelah mendapatkan Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek.

pixabay.com

Agroteknologi

Prodi Agroteknologi mempelajari penerapan teknologi untuk budidaya tanaman sesuai prinsip pertanian jangka panjang. Mahasiswa belajar tentang merencanakan sistem produksi tanaman yang efektif sekaligus produktif melalui materi mulai dari penggunaan traktor, sistem pengairan hingga pengolahan hasil pertanian. Lebih jauh mahasiswa juga mempelajari keseluruhan proses dan aspek budidaya tanaman dan ternak berikut proses pengolahan hasil.

Prospek yang dimiliki oleh lulusan mahasiswa prodi ini akan sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi pertanian dan pangan di Tanah Air. lulusan agroteknologi bisa bekerja pada perusahaan komoditas perkebunan, pangan, hortikultura maupun kehutanan. Ada juga posisi di bidang teknologi pangan, pakan, dan bioenergi yang bisa diisi oleh lulusan.

Seandainya kurang beruntung di lapangan, lulusan juga bisa mengisi posisi sebagai pengajar ilmu agrikultur, dokter naturopathic, ahli konservasi tanah dan air, ahli teknik pertanian, manajer pembibitan dan rumah kaca, manajer pertanian dan peternakan, peneliti tanah dan tumbuhan.

Teknik Kimia

Teknik Kimia, cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang proses dan cara merubah bahan mentah dan bahan kimia hingga menjadi produk yang memiliki bernilai komersial lebih tinggi memanfaatkan berbagai proses kimiawi. Dalam prodi ini, mahasiswa belajar merencanakan dan merancang alat, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik, mengkontruksi bagian pabrik  tertentu. Membuat penelitian dan mengembangkan proses, hingga merencanakan dan mengelola penjualan maupun pelayanan.

Prospeknya, lulusan dapat bekerja di jenis industri kimia mulai dari industri perminyakan dan gas alam, tambang batu bara, petrokimia, industri plastik, industri polimer, industri semen, industri pupuk, industri pulp dan kertas, industri industri farmasi, industri makanan dan minuman, industri keramik, industri gelas maupun industri pengolahan limbah. Ada juga peluang lain di bidang riset dan penelitian, pendidikan, pemasaran, manufaktur dan sebagainya.

pixabay.com

Peternakan

Pada prodi ini, mahasiswa akan belajar tentang ilmu dan teknologi pengembangan peternakan, industri peternakan maupun kegiatan agrobisnis ramah lingkungan. Selain itu, mahasiswa juga dituntut mampu berkarya mandiri, bekerja pada lembaga swasta dan pemerintah. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang teknologi produksi, teknologi pengolahan, teknologi pakan hingga manajemen dan perencanaan usaha.

Lulusannya bisa bekerja pada industri produksi peternakan, industri obat hewan, industri pakan ternak, industri pengolahan pangan asal ternak maupun di industri pengelolaan limbah. Peluang lain yang juga menunggu ada di lembaga pendidikan dan lembaga riset, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Itulah beberapa program studi dan prospek yang bisa dipertimbangkan jika Anda memilih rumpun saintek. Ingat untuk selalu mempersiapkan tes Anda dengan baik misalnya dengan mengerjakan latihan soal SBMPTN Saintek yang bisa Anda temukan di berbagai lembaga bimbingan belajar. Manfaatkan pula layanan dari portal belajar online edutore untuk mendapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *