home Kuliner Nikmatnya Bakso Mercon untuk Mengisi Lapar di Siang Hari

Nikmatnya Bakso Mercon untuk Mengisi Lapar di Siang Hari

Bagi masyarakat Indonesia, bakso merupakan salah satu makanan favorit yang dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dari semua daerah. Bakso menjadi salah satu makanan primadona bagi masyarakat Indonesia. Tekstur lembut bakso yang terbuat daging yang digiling serta gurih dan segarnya kuah merupakan daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner nusantara. Bakso terbuat dari beberapa macam daging seperti daging sapi, ikan, ayam, kerbau, dan babi. Sementara itu, kuah bakso terbuat dari bumbu dan rempah-rempah Indonesia. Setiap daerah mempunyai resep kuah bakso masing-masing. Hal ini disesuaikan dengan lidah dan cita rasa dari masing-masing daerah. Jadi, jangan heran jika kamu makan bakso di Pulau Jawa akan terasa berbeda dengan bakso yang kamu makan di Pulau Sumatera. Akan tetapi, dapat kamu pastikan bahwa bakso akan terasa enak dimanapun bakso itu dibuat.

Asal Usul Masuknya Bakso di Indonesia dan Varian Bakso

Tahukah kamu bahwa bakso bukan masakan asli Indonesia? Bakso merupakan salah satu makanan yang dihasilkan oleh pengaruh kebudayaan Cina yang masuk ke Indonesia. Bakso merupakan salah satu makanan yang terpengaruh budaya Dinasti Ming dari Fuzhou pada akhir abad ke-17. Kemudian, bakso dibawa masuk ke Indonesia melalui pedagang Cina yang berpetualang ke beberapa negeri termasuk nusantara. Akhirnya, bakso diadaptasi menjadi salah satu masakan khas Indonesia.

pixabay.com

Seiring dengan perkembangan zaman, bakso mengalami proses adaptasi dan inovasi. Sehingga, ada banyak varian bakso yang bermunculan. Pada mulanya bakso terbuat dari campuran daging yang digiling dan tepung. Kemudian campuran tersebut dibentuk menjadi bola-bola daging dan dimasak pada air mendidih. Kini, bakso tidak hanya terbuat dari campuran daging dan tepung. Banyak pedagang yang mencoba mengombinasikan bakso dengan campuran bahan lain seperti udang, keju, telur, dan cabai. Campuran tersebut dimasukkan sebagai isi dari bola daging bakso. Akhirnya, varian baksoo dengan isi berbagai rasa terbentuk.

Salah satu varian bakso yang terkenal adalah bakso mercon. Kamu mungkin bisa membayangkan rasa dari varian bakso ini dengan merujuk pada nama bakso ini. Bakso mercon adalah varian bakso dengan isi dan cabai yang super pedas. Cabai dan sambal dari bola daging bakso akan menambah cita rasa baru dari daging bakso yaitu rasa gurih dan pedas dalam satu gigitan. Selain itu, biasanya bakso mercon juga dilengkapi dengan kuah bakso yang telah dicampur oleh sambal pedas. Sehingga, rasa pedas dari bakso mercon menjadi berkali-kali lipat.

Bakso mercon menjadi salah satu varian bakso yang sangat digemari oleh para pecinta makanan pedas dan kalangan muda. Biasanya, para penjual bakso mercon akan menawarkan beberapa level dari bakso mercon sesuai dengan tingkat kepedasannya. Level 1 dari bakso mercon sudah menawarkan rasa pedas yang sangat terasa. Untuk itu, bagi para pecinta makanan non pedas, harus berhati-hati ketika akan bakso mercon. Varian bakso ini tersedia di berbagai kota yang ada di Indonesia. Harga bakso mercon bervariasi tergantung dari level pedas dan ukuran bola daging. Bakso mercon jumbo dengan level pedas tertinggi mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan bakso mercon biasa.

pixabay.com

Resep Membuat Bakso Mercon di Rumah

Jika kamu ingin menikmati bakso mercon di rumah, kamu bisa mencoba beberapa varian resep dari bakso mercon ini. Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bakso mercon ini seperti daging ayam atau sapi, tepung tapioka, bawang putih, air, telur, merica bubuk, cabai dan baking powder. Kamu juga menggunakan daging ikan sebagai pengganti daging sapi atau ayam. Bawang putih yang digunakan adalah bawang putih yang telah digoreng. Sementara itu, telur yang digunakan hanya bagian putihnya saja.

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat adonan bakso. Daging sapi atau ayam yang telah dipotong dapat digiling dengan menggunakan blender. Setelah itu, masukkan bawang putih, tepung tapioka, putih telur, garam, baking powder, dan merica. Semua bahan dihaluskan sampai benar-benar halus. Kemudian, buatlah isian cabai yang akan digunakan sebagai isi dari bola daging bakso dengan merebus cabai rawit yang telah dibersihkan. Setelah itu, cabai rawit dihaluskan dengan menggunakan blender tanpa air dan sisihkan. Selanjutnya, buat bola daging bakso dengan menggunakan adonan bakso yang telah disiapkan. Setelah itu, masukkan isian cabai rawit di dalam bola daging bakso dan bulatkan kembali. Kemudian, bola daging yang telah diisi dengan isian cabai dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu sampai mengapun dan angkat. Kamu bisa meletakkan bakso tersebut di air es. Kuah bakso dapat dibuat dengan menggunakan rebusan bakso, bawang putih, seledri, garam, dan merica. Setelah itu, sajikan bola daging bakso mercon dengan kuah bakso. Akhirnya, bakso mercon siap dinikmati.

Salah satu varian resep bakso ini dapat kamu temukan di website milik Sarah Jane Bedwell. Website milik Sarah Jane dan timnya ini berisikan beberapa resep makanan beserta kandungan dari nutrisi dan kalori makanan yang dibuat. Oleh karena itu, orang-orang dapat memperkirakan berapa banyak nutrisi dan kalori yang mereka makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *