home Bisnis Harga Token Listrik Terbaru

Harga Token Listrik Terbaru

Sejak tahun 2012 lalu PLN mulai memperkenalkan sistem pembayaran listrik yang baru yakni sistem prabayar.  Sistem listrik yang satu ini terus berkembang dan digunakan hampir oleh seluruh masyarakat indonesia. Sistem pembayaran ini sama mudahnya dengan pembelian pulsa telepon prabayar dimana Anda harus membeli pulsa ketika pulsa kartu telepon Anda telah habis atau hampir habis.  Jika pulsa telepon bisa dibeli lain hari ada baiknya Anda membeli pulsa listrik secepat mungkin jika pulsa token Anda sudah limit atau hampir habis. Pembelian tersebut tentu supaya listrik rumah Anda tidak mati mengingat pentingnya penggunaan listrik untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Jika pada Jaman dulu Anda menggunakan listrik dengan sistem pascabayar dimana Anda tidak mengetahui berapa besar jumlah tagihan dari pemakaian listrik Anda. Kini,  dengan listrik prabayar Anda dapat memantau dan mengatur penggunaan listrik Anda. Dengan sistem ini Anda lebih bisa mengatur pengeluaran untuk biaya listrik terutama karena sisa saldo dari listrik bisa dipantau lewat monitor pada meteran. Hal ini tentu akan sangat membantu terlebih sistem ini dianggap lebih gampang dan menguntungkan. .

Jika Anda belum menggunakan listrik prabayar dan tertarik untuk menggunakannya Anda harus memiliki kWh meter yang dibuat khusus untuk sistem listrik prabayar.  Anda tak perlu bingung karena kWh meter ini terbilang mudah didapatkan apalagi PLN kini sedang gencar mempromosikan metode prabayar uni. Sampai tahun ini, setidaknya ada sekitar 28 merek kWh meter prabayar yang bisa Anda gunakan diantaranya yaitu, Smart Meter, Itron, Star,, Fuji dan masih banyak lagi merek lainnya.  Untuk merek meter yang paling banyak digunakan di indonesia adalah merek Hexing, merek Itron serta merek Glomet.

Jika Anda telah menggunakan kWh meter untuk listrik prabayar, Anda akan memperoleh sebuah kartu pelanggan yang resmi. Kaetu tersebut akan bertuliskan  nama ‘kendali listrik prabayar’. Kartu listrik berukuran kecil dengan warna hijau ini bertuliskan nomor pelanggan serta adanya barcode yang nantinya akan digunakan untuk pembelian listrik Anda nanti. Pulsa listrik prabayar ini bisa Anda beli baik melalui online dengan aplikasi atau melalui marketplace,  bisa juga dengan ATM maupun dibeli di toko penjual pulsa biasanya mereka juga akan menjual pulsa listrik selain pulsa hp. Jika Anda masih bingung mengenai pulsa listrik prabayar ini Anda bisa menyimak ulasan berikut.

pxhere.com

Harga Pulsa Token Listrik Terbaru Yang Bisa Anda Beli 

Anda mungkin bertanya-tanya berapa jumlah minimal yang harus Anda bayarkan untuk membeli pulsa atau token listrik.  Pada dasarnya harga token listrik sendiri sangat variatif untuk saat ini Anda bisa membeli 6 macam harga token listrik seperti:

  • Membeli dari harga 20 ribu
  • Harga 50 ribu
  • Harga 100 ribu
  • Harga 200 ribu
  • Harga 500 ribu
  • Sampai dengan harga 1 juta

Nominal tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan listrik Anda, sesuaikan dengan pemakaian listrik harian Anda. Saldo pulsa yang Anda beli tersebut nantinya akan dipotong untuk pajak lampu jalan,  adanya PPN serta biaya untuk materai. Tidak semua jumlah pembelian token listrik memiliki biaya materai yang sama. Untuk pembelian token dari mulai 250.000 sampai dengan satu juta Anda akan dikenakan biaya materai sebesar Rp 3000 Terdapat perbedaan biaya materai untuk pembelian token senilai 250.000 keatas akan dikenakan biaya Rp. 3000 sedangkan untuk pembelian 1000.000 Anda dikenakan biaya materai sebesar Rp 6000. Jika Anda  masuk pada golongan rumah tangga R2 yang memiliki daya minimum 3500 VA maka Anda akan dikenakan biaya PPN sebesar 10% namun hal tersebut tak berlaku untuk rumah dengan golongan R1 450VA, 900VA, sampai 2200VA.

Jika Anda ingin membeli pulsa listrik prabayar melalui bank biasanya Anda akan dikenakan biaya administrasi sekitar Rp 3000. Jadi Anda harus membayar jumlah nominal saldo yang Anda beli ditambah dengan biaya administrasi.

Tarif daftar listrik selalu diperbaharui. Tarif daftar listrik ini ditentukan oleh pemerintah. Perubahan dari tarif dasar listrik dilakukan karena beberapa hal seperti perubahan nilai tukar rupiah,  adanya perubahan harga BBM serta terjadinya inflasi pun bisa mempengaruhi perubahan harga listrik per kWh. Sejak tahun 2017 lebih tepatnya pada bulan April listrik non subsidi yang diterapkan adalah Rp 1467/kWh.

pxhere.com

Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

Listrik prabayar sendiri banyak digunakan karena dinilai memiliki banyak keuntungan berikut adalah ulasan lengkapnya.

  • Pengeluaran Lebih Terkontrol

Jika pada sistem pascabayar Anda sering kebobolan dengan jumlah biaya listrik yang harus dikeluarkan tiap bulannya dengan menggunakan sistem prabayar Anda menjadi lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran biaya listrik Anda.

  • Pembayaran Bisa Dilakukan Dengan Berbagai Cara

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa melakukan pembayaran dengan berbagai cara baik melalui online maupun secara langsung. Bagi Anda yang mempunyai kartu ATM Anda bisa membayar pembelian melalui ATM dengan sangat mudah dan praktis.  Bagi Anda yang senang dengan sistem online yang anti ribet Anda bisa membeli atau mengisi ulang melalui website salah satunya adalah Metro Voucher. Anda bisa melakukan pembayaran dengan aman dan tentu saja sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *