home Umum Berapa Ketinggian Bukit? Ini Penjelasan dan Pengertiannya

Berapa Ketinggian Bukit? Ini Penjelasan dan Pengertiannya

Tahukah Anda berapa rata-rata ketinggian bukit? Bukit merupakan salah satu bentuk wujud dari bentang alam, di mana bagian permukaan bumi ini berbentuk seperti kubah. Setiap bukit memiliki tinggi yang berbeda-beda pada masing-masingnya. Bukit juga bisa dikatakan suatu wilayah dengan permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya, namun tidak bisa juga disebut gunung.

Sering disamakan dengan gunung, bentuk bukit yang berupa tonjolan memang terlihat sama dengan penampakan gunung. Sehingga tidak heran jika banyak orang kemudian salah mengartikan bukit menjadi gunung. Namun jika lebih diperhatikan lagi, wujud fisik dari keduanya tampak berbeda, terutama dari segi ketinggiannya. Bukit memiliki tinggi yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan gunung.

Rata-rata bukit memiliki ketinggian antara 200 – 500 meter diatas permukaan laut dan tidak sampai 1.000 meter. Bukit juga disertai dengan beberapa bagian yang dinamakan lembah serta tidak runcing melainkan agak memanjang. Secara umum, bukit memiliki tinggi dan bentuk yang lebih kecil daripada gunung tapi juga lebih panjang. Rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah disebut sebagai perbukitan.

Di Indonesia sendiri ada banyak bukit yang bisa ditemukan di berbagai wilayah yang tersebar dari pulau Sumatera hingga Papua. Angka ketinggian bukit sangat beragam begitu juga panorama alam yang terdapat di sekelilingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *