home Satwa Jenis Burung Lovebird Cantik dan Kisaran Harganya

Jenis Burung Lovebird Cantik dan Kisaran Harganya

Burung lovebird terkenal sebagai salahsatu burung sosial, dimana mereka biasanya hidup secara berkelompok di habitat aslinya. Dalam satu kawanan, biasanya terdiri atas 5 hingga 20 ekor lovebrid. Setelah memasuki usia dewasa, burung ini memiliki satu pasangan saja dan hanya akan terpisah setelah salah satu dari mereka mati. Inilah yang kemudian membuat burung ini dikenal dengan nama “Lovebird” alias “Burung-cinta”.

Sekilas Tentang Burung Lovebird dan Kualitasnya

Jika dibandingkan dengan burung berparuh bengkok lainnya, maka burung lovebird yang berasal dari genus Agapornis ini tergolong memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil. Namun ukuran tersebut masih sedikit lebih besar jika dibanding ukuran tubuh burung parkit. Lovebird memiliki panjang tubuh sekitar 13cm – 17 cm dan berat badan mulai 30gr sampai 60gr.

Perlu diketahui bahwa, lovebird ternyata memiliki jenis yang cukup banyak. Dari berbagai jenis yang ada tersebut, banyak diantaranya yang dihargai lebih mahal. Umumnya orang menilai kualitas lovebird dari warna bulu yang dimiliki dan kelangkaannya. Semakin langka dan semakin berkualitas lovebird, umumnya akan menunut perawatan yang juga ekstra.

Lovebird yang memiliki warna bulu yang tidak biasa atau terbilang langka cenderung lebih diminati. Maka dari itu, jangan heran jika Anda menemui lovebird langka yang dijual dengan harga yang menembus puluhan juta rupiah. Lantas, apa saja jenis lovebird cantik yang dimaksud?

pxhere.com

Lovebird Biola Blue

Jenis lovebird yang termasuk salah satu dari jenis lovebird biola ini tercatat sebagai jenis yang termahal dalam daftar ini. Betapa tidak, lovebird biola blue ini memiliki harga mencapai puluhan juta rupiah. Harga ini masih di atas harga lovebird biola yang lain. Kualitas warna biru yang begitu menarik emnjadi kualitas utama yang dimiliki oleh lovebird yang juga termasuk langka ini.

Lovebird Halfsider

Lovebird halfsider juga termasuk salah satu dalam dafar langka dan termasuk cukup sulit untuk dibudidaya. Burung ini memiliki kelebihan pada paduan warna unik sebagai ciri khasnya. Lovebird halfsider dominan warna putih dan kuning. Uniknya jika dilihat dari sisi berseberangan, Anda seakan memelihara 2 burung sekaligus dalam satu sangkar. Hal ini karena paduan warna lovebird halfsider ini berbatasan tepat di tengah garis tubuh. Keunikan ini membuatnya dihargai hingga 20 kali lipat dibanding harga lovebird pada umumnya.

Lovebird Batman

Lovebird batman juga termasuk sebagai salah satu lovebird yang paling sulit dibudidaya membuatnya jarang ditemui di tempat-tempat biasa. Lovebird jenis ini sangat sulit untuk didapatkan apabila indukannya sendiri tidak ada yang memiliki warna hitam batman. Warna yang dimiliki oleh lovebird batman ini termasuk mutasi warna baru dan dihargai cukup tinggi di kisaran mulai dari 1 jutaan rupiah.

Lovebird Violet

Lovebird violet memiliki warna violet pada area sponge yang pada awalnya berwarna biru normal. Dengan kata lain, lovebird violet ini memiliki keturunan sifat single dan double. Ciri dari lovebird violet ini memiliki warna bulu berwarna biru keunguan (violet). Warna ini bisa dilihat pada bagian sayap yang ujungnya warna hitam. Sementara di bagian perutnya, lovebird ini memiliki bulu warna putih, kepala yang dominan warna hitam sementara paruh putih pucat ataupun oranye. Ada pula varian warna lain yaitu pastel violet. Lovebird violet ini dihargai mulai Rp 400 ribuan sampai sejutaan tergantung pada daerah serta umurnya.

pxhere.com
pxhere.com

Lovebird Kepala Elang

Sebagai salah satu lovebird yang sulit diternakkan, lovebird kepala elang ini adalah persilangan lovebird violet yang kemudian warna putih di kepalanya bermutasi. Lovebird ini sendiri tergolong dalam keluarga lovebird fischeri. Lovebird yang juga dikenal dengan sebutan lovebird Sable atau lovebird berkepala cerah dan bersih ini memiliki harga sedikit lebih tinggi dibanding lovebird violet yaitu mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan.

Lovebird Albino

Lain dari jenis lovebird mahal lainnya, burung albino ini mempunyai keunikan dimana ia tidak memiliki variasi warna lain, hanya putih. Alasan orang menjadikan burung ini sebagai peliharaan favorit karena tampilannya yang terlihat bersih dan menenangkan. Lovebird yang juga sulit dijumpai di Indonesia ini terbagi ke dalam lovebird albino mata hitam dan mata merah dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh.

Lovebird Cobalt

Lovebird jenis ini cukup populer di Indonesia karena memiliki varian warna yang paling banyak dibanding jenis lovebird lain. Ciri lovebird cobalt sendiri memiliki warna dominan biru pada tubuhnya, sementara bagian kepala sampai leher berwarna abu-abu. Bisa dikatakan warna burung ini cukup mirip dengan lovebird biru violet. Harga dari lovebird cobalt ini ada di kisaran Rp 450 ribuan sampai Rp 750 ribu.

Selain halnya memiliki penampilan yang menarik ataupun lain dari burung lain, suara lovebird di atas juga tidak bisa dikesampingkan. Dengan perawatan yang baik, tidak menutup kemungkinan lovebird langka di atas bisa menghasilkan kicauan berkualitas atau bahkan diikutkan dalam perlombaan.

Demikianlah beberapa jenis lovebird yang memiliki penampilan cantik dan bisa dikatakan langka di Tanah Air. Memiliki satu atau beberapa dari jenis lovebird di atas bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri selain halnya sekedar melakukan hobby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *