home Kesehatan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam lebih dikenal sebagai obat herbal untuk kesehatan untuk seorang wanita karena dapat mengatasi bau badan, menghaluskan kulit, dan melancarkan haid bahkan bisa mengatasi rasa nyeri haid. Hal tersebut dikarenakan jamu kunyit asam memiliki kandungan curcunium yang tinggi ditambah dengan vitamin c. Ternyata cara membuat jamu kunyit asam sangatlah mudah loh, jadi Anda tak perlu membelinya.

 

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Begini cara membuat jamu kunyit asam yang sangatlah mudah sebagai obat herbal, berikut ini informasi lebih lengkapnya untuk Anda.

 

  1. Siapkan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan saat membuat jamu kunyit asam yaitu siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Tak perlu khawatir sebagai obat herbal ternyata bahan yang digunakan untuk membuat jamu tersebut memang sangatlah sederhana sehingga memudahkanmu untuk membuatnya.

 

Bahan-bahannya yaitu  600 ml air, 100 gram gula jawa, 20 gr asam jawa, 8 buah kunyit ukuran besar.

 

  1. Cuci Kulit Kunyit

Berikutnya, kalian bisa cuci kulit kunyitnya yang masih segar kemudian kupas kulitnya. Setelah itu, kalian bisa melanjutkannya dengan parut mapun blender dengan campuran air. Setelah itu, kalian bisa peras airnya sampai benar-benar sdah habis.

 

  1. Rebus Airnya

Setelah itu, kalian bisa langsung didihkan airnya kemudian rebus air perasan kunyit tersebut dengan tambahan asam jawa sesuai dengan takaran yang pas sehingga rasanya dapat tercampur sesuai takaran dengan rasa yang pas pastinya. Setelah itu, aduklah sampai rasa asamnya merata.

 

  1. Tambahkan Gula Jawa

Tentunya, untuk membuat rasa jamu kunyit asam lebih enak maka tambahkan gula jawa. Sebenarnya, kalian boleh saja menambahkan gula pasir tetapi rasanya memang kurang pas sehingga disarankan untuk menggunakan gula jawa saja yang sudah dicairkan maupun sudah padat.

 

Pastikan jamu sudah mendidih lalu angkat dari kompor. Tunggu sampai dingin ya baru kalian pindahkan ke dalam gelas maupun botol.

 

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara membuat jamu kunyit asam maka dapat menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas dengan sangat mudah pastinya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *