home Umum Cara Memilih Benih Padi Yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Benih Padi Yang Berkualitas Baik

Benih Padi – Benih padi adalah salah satu cikal bakal dari tanaman padi yang ketika sudah ditanam berbulan-bulan lamanya akan menghasilkan beras. Nah! Berbagai beras berkualitas dan enak dimakan saat sudah menjadi nasi pun berpengaruh pada penanaman awal benihnya, guys! Jadi, agar tanaman padi dapat menghasilkan beras yang berkualitas, pulen, enak dimakan, bahkan bisa dikata cepat panen, tentu saja perlu dipilih benih-benih padi yang berkualitas. Nah! Untuk mendapatkan benih padi, sebenarnya para petani memiliki beragam cara, lho! Seperti misalnya, petani bisa mendapatkan benih melalui program pemerintah yang disalurkan lewat kelompok tani di desa guna meningkatkan produktivitas pangan pokok di Indonesia atau petani bisa pula mendapatkannya dari tempat pembudidayaan padi hibrida. Nah! Untuk memperoleh jenis bibit yang baik, simak penjelasan di bawah ini.

1) Memakai Telur Ayam dan Garam

Demi mendapatkan kualitas benih padi yang unggul, cepat panen dan juga tidak mudah terserang oleh hama, salah satu langkah awal yang bisa dicoba oleh para petani yakni dengan menguji coba benih padu menggunakan telur dan garam. Caranya terbilang sederhana, cukup siapkan wadah untuk tempat benih padi, kemudian siapkan wadah satu lagi, dan isikan dengan air sedikit saja. Nah! Pada wadah berisi air tersebut masukan telur dan juga garam. Kemudian aduk perlahan. Kemudian, masukan benih padi. Nah! Dari situ petani akan tahu bahwa padi yang tenggelam adalah benih yang kualitasnya bagus.

2) Merendam Benih di dalam Air

Cara mengecek kualitas benih padi dengan cara yang lain adalah dengan menggunakan air. Katakanlah media air ini juga cocok digunakan untuk mengetes benih tanaman yang lain apakah tanaman tersebut layak dijadikan benih agar cepat berbuah atau panen. Nah! Caranya terbilang sangat tradhisional. Petani tinggal memasukan benih padi ke dalam air dan membiarkannya selama beberapa menit. Jika melihat terdapat benih yang terapung, maka benih itu tidak layak pakai karena tidak mengandung isi yang padat. Dan benih yang tenggelamlah yang layak digunakan sebagai benih.

Nah! Informasi di atas adalah keterangan bagaimana cara mengecek benih padi yang berkualitas. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *