Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Ambon yang Dioven

Jika anda mulai merasa bosan mengkonsumsi pisang dengan cara biasa, maka kini anda bisa mencoba kreasi olahan pisang dengan membuat bolu pisang. Namun agar rasanya semakin lezat maka anda bisa menggunakan pisang ambon. Pisang jenis ini memang dikenal memiliki aroma khas yang harum serta tekstur buahnya yang legit dan lembut. Semakin matang pisang tersebut maka akan semakin lezat dijadikan aneka olahan salah satunya bolu pisang.

Bolu pisang beberapa waktu terakhir memang sangat hits dan cara pembuatannya sangatlah mudah. Selain itu, jenis camilan ini sangat bergizi sehingga bagus dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagi anda yang penasaran cara pembuatan bolu pisang maka berikut akan diberikan resep cara pembuatannya.

Bahan :

Pisang ambon 130 gr

Tepung terigu 130 gr

Tepung maizena 1 sendok makan

Susu cair 100 ml

Margarin cair 110 gr

Gula pasir 130 gr

Kuning telur 4 butir

Putih telur 3 butir

Vanili bubuk 1 sendok teh

SP 1 sendok teh

Baking Powder ½ sendok teh

Garam ¼ sendok teh

Cara Membuat :

  1. Kocoklah telur, SP dan gula menggunakan mixer sampai benar-benar mengembang. Kemudian masukkan pisang lalu kocok kembali. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk, garam dan baking powder. Terakhir masukkan susu lalu kocok kembali sampai merata.
  2. Matikan mixer lalu masukkan margarin cair dan aduk menggunakan spatula sampai merata.
  3. Panaskan oven hingga suhu 170 derajat Celcius. Persiapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan jika adonan kurang rata silakan hentakkan loyang agar adonan merata dengan sendirinya.
  4. Pangganglah adonan bolu pisang kurang lebih selama 30 menit. Untuk mengecek kematangan bolu pisang, silakan tusukkan lidi pada bolu pisang. Jika adonan sudah tidak menempel di lidi, tandanya bolu pisang sudah matang dan bisa dikeluarkan dari oven.
  5. Dinginkan bolu pisang lalu keluarkan dari loyang untuk dipotong-potong lalu disajikan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat bolu pisang yang dioven. Cara pembuatan bolu pisang di atas sangatlah mudah anda praktikkan di rumah. Rasanya dijamin lembut, legit dan menggugah selera. Bila anda tidak mempunyai oven, maka proses pembuatan bolu pisang bisa diganti dengan cara dikukus.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *