home Umum Ciri Ekosistem Padang Rumput Beserta Manfaatnya

Ciri Ekosistem Padang Rumput Beserta Manfaatnya

Ekosistem padang rumput menjadi salah satu hal yang dilestarikan. Anda mungkin sering melihatnya di siaran televisi dengan kehidupan beragam satwa di dalamnya. Ekosistem padang rumput yang terkenal adalah rumput savana.

Padang rumput menjadi ekosistem daratan teresterial yang terbentuk secara alami yagn dipenuhi dengan hamparan rumput. Padang rumput hanya dimiliki oleh wilayah dengan iklim tropis. Di Indonesia juga terdapat ekosistem padang rumput yang terletak di Nusa Tenggara Timur.

Pengertian dan Ciri Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput terbentuk secara alami dengan hamparan rumput yang luas dan memiliki curah hujan yang terbatas. Biasanya padang rumput dapat dijumpai di daerah dengan iklim tropis dan sub tropis. Adapun ciri dari ekosistem padang rumput diantaranya:

  1. Berkembang di daerah dengan iklim tropis dan subtropis karena mendukung pertumbuhan rumput dan pepohonan.
  2. Rumput menjadi tanaman yang mendominasi karena curah hujan hanya 20-30 cm/tahun yang menyebabkan tumbuhan lain sulit untuk berkembang.
  3. Memiliki hamparan lahan yang sangat luas dengan berbagai jenis rumput yang dapat berupa perbukitan maupun dataran.
  4. Memiliki tanaman khas yang biasanya ditentukan berdasarkan iklim dan tempat tumbuhnya. Beberapa padang rumput biasanya juga diselingi dengan pepohonan.
  5. Menjadi habibat berbagai satwa seperti rusa, gajah, bufallo, kuda dan zebra. Biasanya juga dilengkapi dengan hewan karnivora seperti serigala, singa, citah dan hyena.
  6. Terdapat beberapa komponen seperti biotik dan abiotik.

Manfaat Eksoistem Padang Rumput

Tahukah anda ekosistem padang rumput sangat bermanfaat untuk kehidupan? Selain berisi berbagai satwa, ekosistem ini juga memiliki manfaat lainnya. Beberapa manfaatnya diantaranya.

  • Sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup
  • Menjaga keseimbangan ekosistem
  • Membantu menangani polusi udara
  • Sebagai tempat untuk daur ulang sampah organik ekosistem
  • Sembagai sumber senyawa organik yang dibutuhkan dalam kehidupan
  • Sebagai tempat bernaung dan berkembangbiak berbagai satwa

Keberadaan ekosistem padang rumput sangat penting dalam kehidupan. Alangkah baiknya jika ekositem ini dapat dijaga kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *