home pendidikan Inilah Fungsi Poster Yang Mesti Anda Ketahui

Inilah Fungsi Poster Yang Mesti Anda Ketahui

Hampir setiap orang kini membuat poster untuk berbagai keperluan. Ada yang untuk keperluan pribadi, sekolah, bisnis, hingga birokrasi. Apapun keperluannya, poster dapat menjadi cara paling efektif dan menyenangkan untuk mempresentasikan sesuatu. Pada umumnya, poster merupakan kombinasi dari gambar, teks, grafik, dan berbagai format presentasi lainnya.

Tak hanya dalam lingkup advertising, poster juga digunakan dalam lingkup akademik, dimana seorang peneliti menggunakan poster untuk mempresentasikan karya ilmiahnya. Nah kira-kira apa fungsi poster yang sebenarnya? Anda bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

unsplash.com

Apa Itu Poster?

Sebelum kami membahas beberapa fungsi poster, ada baiknya Anda mengetahui apa itu poster yang sebenarnya. Pada dasarnya, poster merupakan bentuk dari komunikasi visual yang tertulis atau tergambar. Seringnya, poster digunakan dalam lingkup periklanan sebagai alat promosi. Selain itu, poster juga digunakan dalam lingkup akademis, dimana sang peneliti memanfaatkan poster sebagai media presentasi karya ilmiah.

Apa Fungsi Poster?

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia advertising, maka Anda mesti paham apa fungsi poster yang sebenarnya. Dengan mengetahui fungsinya, maka Anda akan lebih memahami alur pembuatan poster yang tepat. Oke langsung saja, berikut ini Anda akan menemukan beberapa fungsi poster!

  • Untuk Menjelaskan Hal Yang Ingin Anda Sampaikan

Fungsi poster yang pertama yaitu untuk menjelaskan hal yang ingin Anda sampaikan. Poster ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti media komunikasi lainnya yaitu medium untuk menyampaikan pesan. Misalnya Anda punya bisnis jual beli sepatu dan Anda ingin menjelaskan bisnis Anda pada banyak orang, maka Anda menjelaskannya lewat poster.

unsplash.com
  • Untuk Mengilustrasikan Ide, Produk, Acara, dan Lainnya

Poster juga bisa berfungsi untuk mengilustrasikan sesuatu. Jika Anda punya bisnis sepatu, maka agar orang yakin dengan bisnis Anda, maka Anda bisa mengilustrasikan ide bisnis, produk, dan hal-hal lainnya. Mengapa bisa disebut medium ilustrasi? Karena poster tak hanya berisikan teks saja, melainkan gambar, motif, pola, dan lainnya. Itulah mengapa sangat mudah mengilustrasikan sesuatu lewat poster.

  • Untuk Menarik Minat Orang

Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas, poster juga berfungsi untuk menarik minat orang. Ya, selain dari sisi informasi dan komunikasi, poster juga cenderung lebih persuasif. Jika seseorang membuat poster, maka ia pasti berharap orang-orang yang melihatnya tertarik dengan apa yang ada didalam poster. Misalnya Anda sedang menggarap event konser musik, maka dengan membuat poster, Anda berharap bahwa orang-orang yang melihat poster buatan Anda mau datang ke acara konser. Begitulah sifat asli dari poster, dimana poster diharapkan mampu menarik rasa penasaran orang sehingga tertarik dengan konten yang ada didalam poster.

unsplash.com

Tips Membuat Poster Yang Bagus

Pada dasarnya, setiap orang bisa membuat custom poster karena memang prosesnya sangat mudah. Anda bisa menggunakan tool desain untuk membuat poster. Membuat poster memang mudah, namun membuat poster yang bagus, baik dari sisi desain maupun efektifitas itu cukup susah. Nah untuk membantu Anda, berikut kami sajikan beberapa tipsnya!

  • Mudah Terbaca di Kejauhan

Prioritas utama dari poster yaitu menarik minat orang pada isi poster. Jadi kuncinya yaitu informasi yang tertera didalam poster mesti mudah dibaca dari jarak jauh. Namun tak semua elemen yang ada didalam poster itu ukurannya besar semua, jadi ada struktur yang mesti Anda pahami. Misalnya heading ukurannya mesti paling besar dari elemen lainnya.

  • Gunakan Kontras

Anda tentunya mesti menarik perhatian seseorang lewat poster, jadi Anda ‘pun membutuhkan kontras. Ya, penggunaan kontras pada setiap elemen dalam poster dapat membantu untuk memperkuat pesan didalam poster. Sebaiknya hindari warna-warna monoton atau layu, karena dapat menurunkan minat seseorang untuk melihat lebih jauh kedalam poster.

  • Gunakan Satu Visual Berukuran Besar

Untuk menatik perhatian lainnya, Anda bisa memasukan satu visual berukuran besar. Mau itu foto, ilustrasi, atau teks, pastikan Anda menempatkan satu visual berukuran besar. Misalnya Anda membuat poster konser, maka sertakan teks berukuran besar dengan desain dan warna yang unik di bagian tengah. Namun satu visual berukuran besar ini tidak mengganggu informasi-informasi lainnya yang ada didalam poster.

Nah itulah fungsi poster, bagaimana sudah paham bukan? Dengan memahami fungsi poster, Anda ‘pun tentunya memiliki bahan yang lebih banyak sebelum mendesain poster. Jangan lupa untuk terus bereksperimen hingga Anda mampu menciptakan poster dengan desain yang sempurna. Untuk membeli poster, bisa langsung capcus ke lsnconecall. Hehe

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *