4 Penyebab Kenapa Harga Ikan Arwana Super Red Melambung Tinggi

Sejak dahulu ikan Arwana bisa dikatakan sebagai rajanya ikan hias, khususnya bagi para pecintanya. Tidak hanya pesona yang menakjubkan, ikan Arwana juga disebut-sebut sebagai ikan pembawa keberuntungan. Dari seluruh jenis ikan Arwana yang ada, ikan Arwana Super Red adalah jenis yang paling banyak digandrungi dan memiliki harga yang cukup mahal. Lalu apa yang membedakan Super Red dengan jenis lainnya ?

Arwana Super Red, Ikan Eksotis yang Memiliki Harga Tinggi

  1. Menjadi Jenis yang Banyak Dicari

Pada pengetahuan tentang ekonomi, terdapat prinsip yang mengatakan ‘semakin dicari semakin mahal’, hal itu pula yang terjadi pada ikan Arwana jenis Super Red ini. Ikan Arwana jenis Super Red adalah salah satu ikan Arwana, yang memiliki peminat cukup banyak dipasaran.  Hal ini karena warnanya yang mencolok, dan gerakan berenangnya yang anggun.

Dengan karakteristik seperti itu, tentu ikan Arwana Super Red sangat cantik ketika dilihat. Keunikan lain yang dimiliki oleh ikan Super Red adalah bentuk kepalanya. Bentuk kepala Arwana jenis ini memiliki kepala agar bulat, ukurannya pun lebih besar jika dibandingkan dengan Arwana Brasil yang memiliki bentuk lonjong dan kecil.

unsplash.com

Warnanya yang merah mencolok, menjadi daya tarik yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Bahkan siapapun yang menikmati ikan Arwana jenis Super Red berenang, dapat mengurangi kadar stress pada otak. Melihat banyaknya keuntungan yang didapat, tidak heran peminatnya pun meningkat mulai dari pelaku bisnis hingga para pecinta ikan hias.

Semakin banyak peminat Super Red, semakin mahal pula harganya. Dapat anda lihat pada toko yang jual Arwana Super Red,pasti harga yang ditawarkan pun lebih mahal jika dibandingkan dengan Arwana jenis lainnya. Harga jenis ikan ini biasa dijual sekitar Rp 10 juta hingga Rp 60 juta per ekornya.

  1. Pembiakan yang Membutuhkan Waktu Lama

Selain faktor peminat ikan Arwana Super Red yang meningkat, hal yang juga mempengaruhi mahalnya harga ikan ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan ikan Arwana seperti yang diinginkan konsumen. Umumnya konsumen tidak akan membeli ikan Arwana dari kecil, hal ini karena mereka akan memilih ikan Arwana yang sudah besar dan memiliki warna yang mencolok.

Namun untuk menjadikan ikan Arwana tersebut sesuai yang ada di pasaran, tidak lah mudah. Pembiakan Super Red dapat berlangsung selama satu hingga dua tahun lamanya, untuk satu ekor Arwana dewasa. Dalam pembiakannya pun, terkadang harus menunggu 6 bulan baru ikan Arwana menghasilkan telur.

Cara berkembang biak ikan Arwana  jenis Super Red memang sama sperti pada umumnya, dimana pejantan akan mengerami telur telur ikan Arwana. Lama pengeraman tersebut selama 50 hingga 60 hari untuk menetas. Setelah menetas, ikan ikan kecil ini akan dipisahkan untuk dirawat sedemikan rupa agar menghasilkan Arwana yang cantik dan eksotik.

Perawatan ikan Arwana Super Red tentu tidaklah mudah dan murah, diperlukan perawatan khusus agar Arwana tidak mudah stress. Meskipun terlihat garang, namun ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan yang mudah untuk kaget dan stress. Oleh karena itu perawatan yang diberikan tidak bisa sembarangan.

unsplash.com
  1. Budidaya yang Tidak Murah

Seperti yang telah di jelaskan, budidaya Arwana sangat berbeda dengan budidaya ikan hias lainnya. Ada beberapa jenis budidaya yang cocok untuk ikan Arwana, dan setiap jenis budidaya tersebut tentu cukup menguras kantong. Contohnya saja budidaya dengan menggunakan kolam, tempat budidaya kolam untuk Arwana sangatlah berbeda dengan budidaya ikan hias lainnya.

Selain bentuk kolam, jenis budidaya yang juga cocok untuk ikan Arwana adalah media akuarium. Media ini digunakan agar keindahan ikan dapat langsung dinikmati, serta jumlah ikan tidak terlalu banyak. Setiap satu Arwana akan dimasukkan pada satu akurarium, sehingga pemilik budidaya ikan Arwana Super Red dapat dengan mudah untuk melihat perkembangan dari pesona ikan.

  1. Kepunahan Super Red yang Mengkhawatirkan

Di habitat aslinya yaitu di Kalimantan, Arwana jenis Super Red termasuk dalam kategori terancam punah. Tragisnya, berkurangnya jumlah ikan Arwana di alam liar pun dipengaruhi oleh minat pasar dan daya jual ikan yang tinggi. Melihat hal tersebut, untuk meminimalisir kemungkinan kepunahan dari Arwana Super Red dilakukanlah budidaya ikan Arwana.

unsplash.com

Jumlah ikan yang semakin punah, tentu menjadi faktor mengapa ikan Arwana jenis Super Red memiliki harga yang semakin mahal. Meskipun telah dikembang biakkan, namun rentan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan Arwana dewasa membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan untuk satu ekor Arwana yang sesuai pasar pun ada yang membutuhkan 2 hingga 3 tahun di budidaya.

Dari banyaknya jenis Arwana, jenis Super Red adalah salah satu yang cukup menarik perhatian masyarakat. Ikan yang berasal dari Kapuas Hulu, Indonesia ini memiliki warna merah yang mencolok yang berpengaruh pada harga jualnya. Salah satu faktor melambungnya harga ini adalah kepunahan yang mengancam Arwana. Oleh sebab itu, belilah Arwana pada toko yang memang legal menjual Arwana, untuk menjaga kelestarian ikan eksotis ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *