home Islam Hukum Menjalankan Aqiqah Yang Sebenarnya

Hukum Menjalankan Aqiqah Yang Sebenarnya

Setiap anak dalam agama Islam, akan menjalankan aqiqah. Tata cara aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan, dijalankan secara berbeda. Walaupun telah menjalankan aqiqah dan kerap hadir dalam acara aqiqah, banyak orang yang tidak memahami hukum aqiqah. Akhirnya, aqiqah hanya dijalankan seperti biasa. Sementara makna dan hukumnya tidak dipahami oleh orang tua. Namun sebenarnya, hukum dari aqiqah penting dipahami sebelum menjalankannya.

Hukum dari aqiqah, akan menjadi guide bagi orang tua untuk menjalankan acara. Sehingga, acara dapat berjalan lancar dan dapat dimaknai mendalam oleh anak maupun tamu-tamu yang datang. Aqiqah sendiri merupakan sebutan untuk rambut yang berada di kepala bayi saat Ia lahir. Sedangkan berdasarkan istilah, aqiqah berarti sesuatu yang disembelih, sembari menggundulkan kepala bayi. Lantas, bagaimana hukum dari aqiqah tersebut? Penasaran dengan penjelasannya?

Hukum Menjalankan Aqiqah

Pixabay.com

Hukum menjalankan aqiqah, tidak dapat disatukan pada setiap mazhab. Karena setiap mahzab memiliki penjelasan berbeda-beda, tentang hukum menjalankannya. Dalam beberapa dalil disampaikan bahwa aqiqah wajib dilakukan, seperti yang disampaikan Salman bin Amir Ad-Dhabiy, bahwa aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi. Karenanya, sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.

Namun ada pula yang berpandangan, bahwa hukum dari aqiqah adalah sunnah. Aqiqah merupakan sunnah disampaikan oleh Imam Malik, Imam Ahmad dan beberapa tokoh lainnya. Bila ulama mengatakannya tidak wajib, seandainya aqiqah adalah wajib, maka kewajibannya telah diketahui oleh Agama. Serta, Rasulullah pun turut menyampaikan keterangan hal-hal tersebut.

Hari Menjalankan Aqiqah?

Banyak yang mempertanyakan, apakah aqiqah masih dapat dilakukan setelah hari ketujuh? Pertanyaan ini pun memiliki dua cabang, yaitu memperbolehkan dan tidak. Ulama Malikiyah, berpendapat bahwa aqiqah akan menjadi gugur, jika luput dari hari ketujuh. Sedangkan pandangan ulama Hambali menyampaikan bahwa jika luput pada hari ketujuh, dapat dilakukan dihari ke empat belas atau 21.

Terdapat pandangan lain, yang disampaikan oleh Ulama Sayfi’iyah yang menyampaikan bahwa aqiqah masih menjadi tanggung jawab ayah sampai waktu anak baligh. Sedangkan jika sudah dewasa, maka gugur. Si anak, harus mengakikahi dirinya sendiri. Penjelasan ini dapat dilihat dalam Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah. Penjelasannya akan lebih lengkap dan dapat dijadikan referensi sebelum menjalankannya.

Berapa Jumlah Hewan yang Disembelih?

Banyak pula muncul pertanyaan, berapa banyak jumlah hewan yang harus disembelih. Untuk acara aqiqah, dibedakan dengan jenis kelamin bayi yang lahir. Jika bayi merupakan laki-laki, maka dua ekor hewan sembelihan yang harus disiapkan. Sedangkan jika bayi perempuan, akan disembelih seekor kambing. Tidak dijelaskan apakah diperbolehkan atau tidak dalam menggunakan kambing betina.

Tidak hanya jenis kambing yang perlu diperhatikan, anda harus memperhatikan apakah kambing yang akan digunakan ada dalam keadaan sehat. Karena kambing yang sakit ataupun bercacat, tidak dapat dimanfaatkan untuk aqiqah. Di sinilah, sebagai orang tua diwajibkan untuk memilih dengan benar hewan sembelihannya. Bila tidak memahami, mintalah bantuan jasa aqiqah surabaya untuk memilihkan.

Bolehkah Gunakan Jasa Aqiqah dalam Acara?

Pixabay.com

Untuk membantu proses jalannya acara, anda tidak dilarang untuk menggunakan jasa aqiqah. Karena kehadirannya akan membantu, terlebih tidak ada hukum yang melarangnya. Namun apa keuntungannya?

  1. Praktis

Saat anda memanfaatkan jasa aqiqah dalam acara, sebenarnya pekerjaan telah diringankan. Karena orang tua hanya perlu fokus mengurus hal-hal penting lain, seperti undangan ataupun prosesi lainnya. Sementara olahan daging hewan akan diurus oleh jasa aqiqah. Singkatnya, orang tua hanya akan menikmati acara, tanpa memikirkan bagian dapur dan kepuasan tamu.

  1. Murah

Selain praktis, keunggulan menggunakan jasa aqiqah adalah dana yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Hal ini cukup wajar, karena setiap penyedia jasa akan memberikan paket-paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Sebagai konsumen, anda hanya perlu tentukan jasa mana yang dapat memberikan layanan terbaik dan miliki harga yang sesuai kemampuan.

  1. Fasilitas Ekstra

Pada beberapa jasa aqiqah, tersedia banyak fasilitas menarik untuk dimiliki. Sebut saja salah satunya fasilitas sertifikat aqiqah. Sertifikat ini menguntungkan, kanena nantinya dapat menjadi bukti bagi anak bahwa dirinya telah diaqiqah. Serta, menjadi bagian penting untuk kenang-kenangan dirinya di masa depan. Dan dapat dijadikan bukti bagi anak-anaknya kelak.

  1. Berkualitas

Keuntungan lainnya adalah mendapatkan pengalaman berharga. Karena layanan yang diberikan adalah layanan yang berkualitas. Anda tidak perlu bingung untuk masalah rasa, karena semuanya menjadi tanggung jawab jasa aqiqah. Bila memang diperlukan, mintalah penyedia jasa memberikan food test, untuk mendapatkan rasa yang terbaik seperti yang diinginkan.

  1. Mendukung Peternak

Satu keuntungan tidak langsung yang diterima adalah anda telah membantu peternak. Peternak tidak lagi terfokus pada satu hasil dari hewan sembelihan, namun berbagai celah. Salah satunya untuk menjadikan hewan sembelihan sebagai daging olahan. Selain itu, pemilihan hewan juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karena didalam peternakan, tersedia banyak pilihan.

Pertanyaan tentang hukum aqiqah, jumlah hewan sembelihan, hingga waktu melakukan aqiqah kerap menjadi pertanyaan. Namun setelah anda memahaminya, tidak ada lagi pertanyaan yang perlu dipersoalkan. Kini yang perlu dilakukan hanyalah, memanfaatkan jasa aqiqahsakinah.com untuk membantu berjalannya acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *