home Umum Inilah Sejarah Gempa Aceh Yang Patut Dikenang

Inilah Sejarah Gempa Aceh Yang Patut Dikenang

Sebuah gempa dahsyat pernah melulu lantahkan wilayah Aceh pada tanggal 26 Desember tahun 2004. Gempa yang terjadi pada pukul delapan ini merupakan gempa yang terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Bahkan dampak dari gempa inibtidak hanya dirasakan di Aceh melainkan juga berdampak ke India, Thailand, Srilangka bahkan sebagian wilayah di Afrika.

Dampak Gempa Aceh

Gempa ini bahkan berdampak pada gelombang besar tsunami dan menerjang wilayah Aceh serta negara negara tetangga. Dampak dari bencana ini adalah banyaknya korban yang ditimbulkan bahkan tercatat, akibat gempa ini memecahkan sejarah kematian akibat bencana alam paling besar yang pernah ada.

Jumlah Korban Jiwa

Jumlah korban tewas kala itu adalah 283 ribuan dimana 260 ribu merupakan rakyat Indonesia serta mengakibatkan satu jutaan masyarakat kehilangan tempat tinggal selain itu 14 ribuan warga hilang dan belum ditemukan. Gempa yang terjadi pada penghujung tahun 2004 ini memiliki kekuatan magnitudo 9.0 richter yang merupakan getaran yang sangat besar dalam skala gempa. Di bagian ujung utara pulau Sumatera tepatnya di Meulaboh serta Banda Aceh puluhan bangunan gedung hancur. Rasio kerusakannya juga sangat masiv serta berdampak pada lumpuhnya pergerakan ekonomi dan pemerintahan.

Tidak hanya di Indonesia,  negara negara di kawasan samudera hindia juga terdapat gempa bumi ini. Dikabarkan di Srilangka 45 ribu jiwa meninggal serta di India tepatnya di Kepulauan Andaman dan Nicobar memakan jiwa hingga 12 ribu manusia. Bahkan di Thailand dampak bencana ini juga dirasakan di kota wisata yang terdaoat banyak wisatawan asing yaitu Phuket dengan korban hingga mencapai 4500 jiwa bahkan gempa dan tsunami ini juga menegaskan cucu Raja Bhumibol Adulyadej yang berumur 21 tahun. Dampak terjauh dari dari bencana ini dirasakan oleh negara Somalia yang menewaskan beberapa nelayan mereka dengan jumlah sekitar 100 orang.

Kekuatan Gemba

Bencana gempa bumi Aceh ini tercatat juga sebagai gempa debgan kekuatan yang terbesar setelah Chili pada tahun 1960 dengan kekuatan 9,5 Sr. Akan tetapi gempa aceh menempati posisi pertama sebagai gempa dengan durasi penyesaran yang paling lama yang pernah tercatat yaitu 10 menit.

Walaupun gempa ini sudah berlalu akan tetapi masih menyisakan kenangan pahit bagi warga tersimpan bencana ini. Pemerintah dan relawan berbondong bondomg untuk membantu memulihkan keadaan pasca bencana tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *