home Bisnis Jenis Kaos Sablon Terpopuler

Jenis Kaos Sablon Terpopuler

Koas sablon memang menjadi salah satu fashion yang cukup menarik. Pasalnya memang dengan sablon kita bisa mengkreasikan berbagai desain ke dalam kaos yang kita pakai. Iya kita bisa memasukkan desain seputar identitas, tulisan, atau gambar-gambar yang kita sukai. Nah seiring berkembangnya waktu, saat ini memang terdapat banyak jenis kaos sablon yang ada dipasaran mulai dari plastisolm, rubber, DTG, dan sebagainya yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Sejarah Perkembangan Sablon

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tau nggak sih jika sebenarnya teknik sablon sudah dikenal sejak jaman Dinasti Song yakni pada tahun 926 – 1279 Masehi tepatnya di Tingkok. Seiring berkembangnya waktu pada abad ke 18 teknik sablon pun mulai merambah ke Eropa hingga semakin berkembang seperti saat ini. Teknik sablon sendiri mulai dikenal luas dan banyak digunakan mulai tahun 1960 yanng mana sablon menjadi media ekspresif dan artistik.

Iya sebenarnya teknik sablon kaos sendiri merupakan teknik guna memindahkan desain yang dibuat dengan menggunakan tinta atau bahan khusus ke permukaan kaos dengan warna dasar yang beragam sesuai dengan selera dan keinginan Anda. teknik sablon pun terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Untuk saat ini terdapat beberapa teknik sablon yang cukup populer mulai dari teknik DTG (Direct to Garment), teknik sublimasi, teknik heat press printing, teknik screen printing, teknik vinyl cutting, dan sebagainya.

Jenis Sablon Kaos Banyak Diminati Saat Ini

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Siapa sih yang tidak kenal kaos sablon? Iya kaos sabln memang menjadi salah satu fashion yang cukup menarik khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan modelnya yang cukup variatif, sablon juga memungkinkan kita untuk menuangkan berbagai ekspresi pada kaos kita. Bahkan kita bisa menginginkan gambar apapun untuk kita pasang pada kaos kita mulai dari identitas, iklan, dan lain sebagainya.

Nah seiring perkembangan teknologi, dunia sablon pun juga terus berkembang sehingga memunculkan berbagai jenis sablon yang cukup beragam. Hingga saat ini terdapat beberapa sablon kaos yang cukup populer dan banyak kita temukan di berbagai kaos. Setiap jenis sablon memiliki keunggulannya masing-masing mulai dari kualitas, keunggulan warna, desain, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis sablon yang banyak diminati saat ini:

Plastisol

Sablon plastisol merupakan salah satu jenis sablon yang saat ini cukup banyak diminati. Iya jenis sablon ini sangat mudah ditemukan di berbaga kaos mulai dari kaos distro maupun kaos-kaos komunitas tertentu. Yang menjadi ciri khas dari salon ini adalah efek warnanya yang lebih cerah. Selain itu sablon plastisol juga memungkinkan kita untuk memilih warna dengan bermacam-macam. Sablon jenis ini juga memiliki tingkat keawetan yang cukup baik sehingga menjadi jenis sablon standar internasional.

DTG

Sablon DTG juga menjadi salah satu jenis sablon yang saat ini cukup mudah ditemukan. Pasalnya kebanyakan perusahaan penyedia jasa sablon kaos banyak yang menyukai sablon jenis ini karena mudah dan cepat untuk diproduksi. Iya proses percetakannya yang layaknya printing kertas tentu membuat pengerjaan sablon jenis ini cukup cepat.

Rubber

Rubber menjadi salah satu jenis sablon pertama yang cukup terkenal an banyak digunakan. Sablon rubber juga banyak ditemukan pada kaos-kaos distro. Sablon ini memiliki keunggulan yakni pada tingkat lekatannya yang cukup bagus. Iya rubber memiliki tingkat lekatan tinggi serta memiliki sifat elastis Selain itu tinta untuk pengerjaan sablon rubber juga cukup murah sehingga dapat meperkecil biaya produksi.

Discharge

Jenis sablon discharge menjadi salah satu jenis sablon yang juga cukup banyak digunakan. Pasalnya sablon ini memili tingkat keawetan yang cukup tinggi. Hal ini karena tinta pada sablon dicharge akan meresap ke dalam kain dan merubah warna benang kaos sehingga akan sulit untuk mengelupas. Namun penggunaan sablon ini tentu harus memperhatikan warna kain dan juga warna tinta, sebab apabila keduanya tidak singkron maka yang terjadi adalah hasil sablon yang kurang bagus.

Flocking

Sablon flocking menjadi salah satu jenis sablon yang memiliki efek bulu-bulu halus pada permukaannya. Iya sablon flocking sekilas nampak seperti bludru yang menghasilkan sablon yang cukup unik. Nah teknik sablon ini pun juga sedikit berbeda dengan jenis sablon lainnya sebab teknik ini lebih menggunakan bubuk pewarna atau serbuk dibanding dengan menggunakan tinta.

High density

High density juga menjad salah satu jenis sablon yang cukup banyak ditemukan di berbagai kaos saat ini. Sablon density merupakan teknik sablon yang menggabungkan antara tinta sablon transparan dengan tinta sablon plastisol sehingga akan menghasilkan gambar dengan efek timbul. Jenis sablon ini juga memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi.

Glow in the dark

Nah jenis sablon yang satu ini memang cukup unik loh. Pasalnya sesuai namanya yakni glow in the dark yang mana jenis sablon in memang dapat terlihat menyala saat berada di ruangan yang gelap. Hal ini karena bahan utama tinta yang digunakan mengandung fosfor yang membuatnya akan terlihat menyala. Selain itu jenis sablon ini juga eiliki kualitas dan tingkat keawetan yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *