Ketahui, Ini Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Dikenali

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami sakit perut sebelah kanan tanpa tahu apa penyebabnya. Karena itulah, kondisi ini seringkali diabaikan atau hanya ditangani dengan minum obat pereda nyeri. Padahal nyeri yang dirasakan pada perut sebelah kanan bisa jadi merupakan pertanda gangguan kesehatan tertentu. Di mana kondisi tersebut biasanya disertai juga dengan gejala-gejala lainnya.

Ada beberapa kondisi yang umumnya dapat menyebabkan rasa nyeri di perut sebelah kanan, diantaranya yaitu:

  1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu atau apendisitis adalah kondisi yang terjadi ketika terdapat penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi. Sakit perut yang menyertai kondisi ini biasanya dirasakan di sebelah kanan bawah dan diiringi dengan gejala mual, muntah, kembung, sembelit hingga demam.

  1. Batu Empedu

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas apabila batu empedu menyumbat saluran dan menyebabkan radang. Sakit perut ini bisa terasa menjalar ke tubuh bagian atas serta dibarengi mual dan muntah.

  1. Hepatitis

Sakit perut yang disebabkan oleh hepatitis atau radang pada hati terjadi di perut bagian kanan atas. Gejala lain yang menyertai kondisi ini antara lain mual, muntah, lemas, tidak nafsu makan serta perubahan warna urine dan feses.

Sakit perut memang bisa disebabkan oleh banyak kondisi. Oleh karena itu Anda harus mencari tahu apa penyebabnya untuk bisa mengatasinya sebelum semakin parah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *