Inilah Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan atau financial management merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan tentang cara mendapatkan, menggunakan dan mengelola keuangan perusahaan. semua hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit atau keuntungan.

Berkaitan dengan hal itu, ada tiga tugas utama yang harus dilakukan manager keuangan yaitu perolehan dana, aktivitas penggunaan dana, dan pengelolaan aktiva. Dana yang diperoleh bisa berasal dari dana internal maupun eksternal. Untuk membahas lebih lanjut dan lebih lengkap mengenai financial management, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Menurut Para Ahli

Sedangkan di bawah ini merupakan pengertian menurut beberapa ahli, antara lain:

Bambang Riyanto

Merupakan semua jenis aktivitas pada perusahaan berupa usaha pendanaan dengan syarat minimal dan menguntungkan bagi perusahaan serta digunakan semaksimal mungkin.

Sonny S

Merupakan semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan cara mendapatkan dana dan menggunakannya, serta mengelola aset perusahaan sesuai tujuan secara menyeluruh.

stocksnap.io

Agus Sartono

Merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan alokasi dana suatu perusahaan untuk kepentingan investasi secara efektif maupun pembelanjaan yang efisien.

Sutrisno

Merupakan semua usaha untuk mendapatkan dana dengan biaya yang murah serta memakainya untuk kegiatan perusahaan dan mengalokasikan dana secara efisien.

L. Massie

Merupakan segala bentuk aktivitas/kegiatan dalam operasional bisnis untuk mendapatkan dan menggunakan dana sesuai dengan kebutuhan operasional efektif dan efisien.

F. Bradley

Merupakan salah satu bidang dalam manajemen bisnis untuk mengelola sumber dan pengelolaan modal secara bijaksana, selektif dan saksama.

Grestenberg

Merupakan bagaimana suatu bisnis dijalankan untuk mendapatkan dana, menggunakannya dan bagaimana bisnis tersebut didistribusikan.

James Van Horne

Merupakan semua hal yang berkaitan dengan cara memperoleh dan mengelola dana serta melakukan pengelolaan aktiva untuk mencapai tujuan perusahaan.

Weston and Copeland

Merupakan tanggung jawab dari manager keuangan untuk mengelola keuangan perusahaan dalam hal penanaman modal, pembiayaan usaha dan pembagian dividen perusahaan.

isorepublic.com

Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Keuangan merupakan hal utama dan paling penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya manajer keuangan untuk mengelola dana perusahaan dengan baik dan benar sesuai tujuan perusahaan. berikut ini merupakan fungsi financial management adalah sebagai berikut, antara lain:

Budgeting

Fungsi yang pertama adalah budgeting atau perencanaan keuangan dan anggaran pembelanjaan perusahaan. Semua kegiatan perusahaan harus direncanakan dengan baik dan dipertimbangkan berdasarkan nilai keuntungan yang didapatkan. Dengan begitu, jika ada kegiatan yang tidak menguntungkan bisa dipangkas atau dipotong untuk mengurangi pengeluaran berlebih yang tidak perlu.

Controlling

Fungsi yang kedua adalah mengontrol atau melakukan evaluasi terhadap semua kegiatan yang berhubungan dengan alokasi keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mempelajari dan menjadikannya sebagai tolak ukur untuk perencanaan selanjutnya.

Auditing

Auditing biasanya dilakukan oleh auditor internal yang memeriksa setiap alur dana perusahaan agar sesuai dengan standar akuntansi. Auditing perlu dilakukan agar tidak ada kegiatan yang menyimpang atau tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku.

pickjumbo.com

Reporting

Reporting atau kegiatan pelaporan keuangan dilakukan oleh manager keuangan, biasanya dalam kurun waktu satu tahun. Reporting bertujuan untuk menganalisa rasio laporan laba dan rugi suatu perusahaan.

Financial management dilakukan untuk dapat mengelola aset perusahaan dengan baik terutama dalam bentuk dana atau uang. Semua hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan sebagai berikut:

  • Memaksimalkan laba atau keuntungan perusahaan melalui perencanaan kebijakan yang tepat dalam jangka pendek maupun jangka panjang
  • Menjaga arus kas dalam pembelian bahan, gaji karyawan dan lainnya, agar tidak overbudget dan menyebabkan kerugian
  • Mempersiapkan struktur modal yang kuat bagi suatu perusahaan dengan menyeimbangkan pinjaman dana dan pembiayaan yang dimiliki
  • Memaksimalkan pemanfaatan keuangan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih dan memangkas kegiatan yang tidak perlu
  • Mengoptimalkan kekayaan perusahaan dengan peningkatan kinerja melalui upaya pemberian dividen yang maksimal kepada pemegang saham dan juga peningkatan pasar saham
  • Meningkatkan efisiensi perusahaan dengan penyaluran dana yang tepat untuk aktivitas di semua departemen dalam organisasi perusahaan
  • Memastikan kelangsungan hidup perusahaan dengan terus mengawasi arus dana dan perencanaan keuangan secara hati-hati
  • Mengurangi risiko operasional dengan membuat keputusan yang tepat untuk semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan dana perusahaan
  • Mengurangi biaya modal, dengan pengelolaan dan perencanaan struktur modal yang kuat agar biaya modal dapat diminimalkan

Itulah fungsi dan tujuan manajemen atau pengaturan keuangan yang perlu diketahui terutama oleh manager keuangan perusahaan. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *