Mengenal Lebih Dalam Dasar Negara Indonesia

Kita cukup miris sebagai warga negara Indonesia, kerap kali menjumpai orang, baik dewasa ataupun muda yang sering kali tidak mengetahui dasar negara sendiri. Hal tersebut tentunya menjadi pukulan yang sangat memprihatikan. Keadaan ini akhirnya yang sering membuat anak-anak bangsa kehilangan jati diri dan mudah sekali terpengaruh gaya hidup Barat.

 

Pancasila sebagai Dasar Negara

Perlu diingat dan dipahami dengan seksama bahwa dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Pedoman bagi setiap warga negara untuk menjalankan kehidupan bernegaranya harus berdasarkan ke lima sila yang termuat di dalamnya. Pancasila merupakan jiwa dari keseluruhan rakyat Indonesia. Peran yang dimiliki sangat penting untuk membangun identitas diri. Ketika kita belajar mengenai makna Pancasila, maka di dalamnya akan ada kekuatan hidup besar untuk para warga Indonesia guna mencapai hidup yang sejahtera.

 

Pancasila berisi lima butir ideologi dasar yang dianut oleh NKRI. Masyarakat Indonesia harus hidup berdasarkan ideologi tersebut. Di dalamnya termuat berbagai macam pedoman untuk menjalankan aktivitas sehari-hari yang mengatur tingkah laku untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Fungsi Penting Pancasila

Menjadi dasar negara Indonesia merupakan salah satu fungsi penting dari Pancasila. Hal ini diartikan bahwa Pancasila berperan sebagai dasar filsafah berbangsa dan bernegara. Itu artinya sebagai warga negara, kita wajib menjadikan Pancasila sebagai way of life atau jalan hidup. Ya betul sekali, selain menjadi pedoman hidup, Pancasila juga dapat dijadikan kepribadian berbangsa. Jadi dimanapun Anda berada, jadikan Pancasila ini sebagai identitas diri Anda sebagai warga negara Indonesia.

 

Segala hal yang berkaitan dengan pemerintahan harus dibuat berdasarkan lima butir Pancasila dan disesuaikan dengan Undang-Undang Dasar. Selain itu, Pancasila juga berperan penting sebagai pedoman hidup, kepribadian, jiwa bangsa, serta sumber dari segala sumber hukum pemerintahan Indonesia.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, Anda ‘pun jadi paham dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Tak perlu jauh-jauh mempelajari dasar negara lain, karena Pancasila sudah lebih dari cukup karena berisikan butir-butir yang paling dibutuhkan oleh kita semua.

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *