home Satwa Mengenal Tentang Ikan Tenggiri dan Cara Merawatnya

Mengenal Tentang Ikan Tenggiri dan Cara Merawatnya

Tenggiri merupakan salah satu ikan yang memiliki rasa dan bau yang khas sehingga banyak orang yang suka. Kemudian memiliki tekstur daging yang kenyal dan putih, bisa dimanfaatkan untuk menjadi berbagai olahan makanan. Ikan ini banyak kita temui di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia.

Ikan ini biasanya juga tinggal di daerah laut lepas. Biasanya banyaknya jumlah ikan ini bergantung letak geografis. Kalau di Indonesia, anda bisa menemui banyak sekali tenggiri di wilayah Gorontalo.

Tenggiri begitu populer karena mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tenggiri ini banyak dicari karena mengandung kandungan lemak, glikogen, dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Bagi anda yang masih awam akan ikan tenggiri, ikan ini memiliki morfologi yang sangat unik dan berbeda dengan ikan lain. Pada tubuh tenggiri ini ada garis mulai dari sirip sampai insangnya. Mengingat keberadaan garis ini lumayan banyak maka ini bisa menjadi ciri khas dari tenggiri.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang lumayan panjang dan pipih. Pada bagian punggungnya berwarna biru kehijauan. Kemudian ikan ini terlihat tidak memiliki sisik. Ikan ini memiliki gigi yang cukup tajam dan kuat. Ikan ini cenderung lebih rakus saat memangsa makanan. Tenggiri termasuk ikan karnivora, jadi yang mereka makan adalah ikan-ikan kecil. Selain itu mereka juga mau makan udang dan cumi-cumi. Ketika makanan yang mereka konsumsi semakin banyak, mampu membuat pertumbuhan tenggiri semakin cepat.

Bagi anda yang budidaya tenggiri maka saat menjualnya anda perlu melakukan perawatan yang baik. Ketika mau dijual maka pilihlah ikan yang sudah memiliki ukuran besar. Ketika ikan yang akan anda jual ini memiliki kualitas yang bagus maka harga jual tenggiri juga akan semakin tinggi.

Saat merawat tenggiri anda perlu memperhatikan soal pemberian makanan. Jadi anda harus menentukan sendiri waktu dan jumlah pakan yang akan anda berikan agar ikan tidak sampai kelaparan. Selain pemberian makanan, anda juga harus memperhatikan kualitas air agar kondisi kesehatan ikan tetap terjaga.

Demikianlah penjelasan mengenai ikan tenggiri dan cara merawatnya agar menghasilkan ikan yang bagus dan berkualitas. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang tenggiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *