home pendidikan CARA MEREKAM LAYAR LAPTOP

CARA MEREKAM LAYAR LAPTOP

Teknologi di desain dan di ciptakan untuk mempermudah aktifitas manusia, peranan ini sangat kental dalam bidang perangkat pendukungnya khususnya komputer dan laptop. Hari ini aktifitas manusia tidak akan pernah lepas dari aktifitas bersama perangkat tersebut, karena hampir semua aktifitas pekerjaan akan tersentral dengan perangkat computer ataupun laptop.

Kebutuhan foto dan videografi sering kali berpaku pada aktivitas layar, komputer dan laptop dapat direkam dengan berbagai cara. Perekaman ini biasanya digunakan pada aktifitas permainan maupun aktifitas yang bersifat petunjuk dan cara-cara teknis. Pada perangkat yang terinstal windows terbaru maka tidak akan merasa kesulitan karena pada windows 10 sudah dilengkapi dengan fitur perekaman atau program bawaannya.

FUNGSI MEREKAM LAYAR LAPTOP

Aktifitas ini mungking tidak banyak dilakukan oleh semuan orang, karena jika dilihat lebih jauh aktifitas ini kemungkinan besar hanya akan dilakukan oleh beberapa orang yang kental kaitannya dengan bidang broadcast atau videography. Pada bidang tersebut hal umum yang banyak kita ketahui akan fungsi dari rekaman layar laptop bertujuan untuk review aplikasi atau aktifitas pada sebuah laptop, tutorial menciptakan sesuatu dari sebuah aplikasi atau bahkan live streaming saat memainkan sebuah game. Screenshot di pc pada gambar video yang dirasa paling menarik agar dapat ditampilkan dalam profil utama video.

Review aplikasi pada sebuah laptop

Salah satu kegunaan kegunaan rekaman layar adalah saat seseorang mereview sebuah aplikasi atau program yang terinstal dalam sebuah laptop atau komputer. Kenapa hal ini dilakukan ? dan harus melalui rekaman layar. Karena jika dilakukan pengambilan gambar dari sebuah kamera maka hasilnya tidak akan maksimal, benturan cahaya yang dihasilkan oleh aktifitas layar akan sulit untuk di tangkap oleh kamera, sehingga perekaman layar merupakan solusi yang sangat praktis.

Tutorial menciptakan sebuah produk atau desain

Desain produk, logo atau hal apapun yang diolah dalam sebuah layar laptop bisa ditunjukkan cara yang benar serta bagaimana keluaran produknya, hal itulah yang selalu dilakukan pada ebrbagai video tutorial. Video tutorial bersifat detail dan solutif sehingga produk atau desain yang dikerjakan bisa sesuai dengan proses yang benar.

Live streaming sebuah permainan

Streaming live sebuah game meruapakan hal baru dalam dunia broadcast yang kini sedang booming, adanya rekaman layar yang bisa langsung dihubungkan dengan jaringan internet dan platform youtube menjadikan sebuah game lebih seru untuk dimainkan.

pexels.com

PROGRAM PEREKAM LAYAR PADA WINDOWS 10

Windows 10 memiliki sebuah program bawaan yang dapat merekam aktifitas layar, program ini bernama Xbox DVR. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merekam layar laptop adalah melakukan konfigurasi akun, dengan cara log in ke dalam akun Microsoft lalu klik pada bagian windows setting. Windows setting berguna untuk memilih lokasi penyimpanan rekaman layar, menentukan kualitas rekaman, serta menyesuaikan frame rate per second video.

MEREKAM LAYAR DENGAN AKTIFITAS APLIKASI

Terkadang kita dituntut untuk dapat memberikan gambaran detail dari sebuah aktifitas pekerjaan, hal tersebut bisa berupa step atau langkah-langkah pada sebuah aplikasi. Cara screenshot di pc adalah dengan membuka aplikasi Xbox DVR lalu centang pada kolom yes untuk notifikasi yang muncul. Notifikasi ini muncul karena aplikasi yang sebernarnya kita buka bukanlah game, maka windows akan menanyakan ulang atau mempertegas tindakan dengan memberikan notifikasi tersebut.

MEREKAM LAYAR UNTUK AKTIFITAS GAME

Launch program Xbox DVR dengan menekan tombol Windows + G, hal itu akan diikuti oleh kemunculan game bar.  Game bar memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan, mulai dari mengambil rekaman layar, mengambil screen shot layar atau bahkan langsung menyiarkannya melalui platform youtube. Kemudahan inilah yang dapat dinikmati langsung oleh pengguna windos 10, serta tidak didapati pada versi windows sebelumnya.

Xbox DVR atau terkadang banyak orang menyebut dengan game DVR sebenarnya memang diciptakan untuk merekam layar pada aktifitas gaming, namun meskipun diperuntukkan untuk aktifitas gaming game DVR juga bisa digunakan untuk merekam berbagai aktifitas lain seperti aktifitas aplikasi program editor video maupun foto, atau program program lain yang memang butuh untuk direkam sebagai langkah-langkah vudeo tutorial.

pexels.com

MENGAMBIL REKAMAN LAYAR DARI WINDOWS XP, WIN 7 WIN 8

Berbeda dengan windows 10, windows sebelum ini tidak dilengkapi dengan fitur perekaman layar. Untuk proses perekaman layar maka harus dilakukan penginstalan aplikasi tambahan, salah satu aplikasi yang dirasa cukup simple, ringan dan mudah dijalankan oleh semua orang adalah VLC Player. Mungkin kita hanya mengenal VLC Player sebagai aplikasi pemutar file, video atau music, namun yang perlu kita ketahui lebih dalam VLC juga dilengkapi dengan mode perekaman layar.

Jika kalian belum memiliki aplikasi ini, maka download terlebih dulu apknya kemudian install pada laptop atau komputer kalian. Jika aplikasi sudah terintal maka buka dan lanjutkan dengan memilih media pada menu VLC. Pilih bagian berketerangan open capture device, lalu ubah capture mode dengan keterangan desktop, sesuaikan juga dengan frame per second atau yang disingkat dengan fps. Semakin kecil nilai fps maka akan semakin tinggi pula tingkat detail dan kualitas video.

Bagian terbawah pada setting capture device terdapat keterangan play dengan opsi lain yaitu enqueue play, stream dan convert. Pilih opsi convert lalu atur dan sesuaikan letak penyimpanan file rekamannya, klik start untuk mulai melakukan aktifitas perekaman layar. Untuk melakukan penyimpanan atau mempause rekaman klik stop recording  dan rekaman akan tersimpan pada lokasi penyimpan yang telah disesuaikan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *