home Bisnis Peluang Usaha Baby Shop dan Hitungan Modal Investasi Awal

Peluang Usaha Baby Shop dan Hitungan Modal Investasi Awal

Bisnis Baby Shop atau menjual perlengkapan bayi sepertinya bisa jadi rekomendasi bisnis mudah dan murah bagi anda. Bisnis ini diklaim memberikan keuntungan yang cukup besar walau modal yang digunakan cukup sedikit. Logikanya begini, selagi masih ada bayi lahir di dunia ini pasti usaha baby Shop atau perlengkapan bayi tak akan pernah mati. Salah satu yang akan mematikan bisnis anda adalah persaingan usaha. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas tuntas mengenai peluang usaha baby Shop yang bisa menghadirkan omzet jutaan.

A. Pengertian Baby Shop

Baby Shop adalah penyedia suatu barang barang dan kebutuhan untuk menunjang bayi. Perlengkapan itu bisa berupa barang seperti troli, baby walker, ayunan dan lainnya maupun produk sekali pakai seperti popok, minyak telon bedak obat kulit dan lain sebagainya. Produk produk inilah yang nantinya akan mengisi toko anda ketika menjalankan bisnis ini.

B. Persiapan Bisnis

Dalam memulai suatu bisnis, kita harus memperhatikan beberapa variabel agar bisnis kita jadi lebih maju dan cepat berkembang.

1. Mencari Pemasok Produk

Hal yang pertama kita lakukan adalah dengan survei pasar terhadap pemasok barang barang bayi yang berkualitas dan harganya terjangkau. Dalam mencari pemasok usahakan untuk tidak hanya mematok pada satu tempat, namun kita juga harus mencari tempat lainnya. Sebagai cadangan, agar sewaktu waktu terjadi kendala kita sudah mendapatkan back up dari tempat lain.

2. Menentukan Barang

Apabila anda sudah menemukan pemasok, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih dan menentukan barang yang ingin anda jual. Pertama anda bisa cek kualitas, biasanya barang yang berkualitas memiliki merek yang sudah terkenal. Secara sekilas barang tersebut juga kuat. Anda bisa cari tahu tentang barang mana yang lebih awet dan tahan lama.

Selain mencari barang yang berkualitas, faktor lain yang harus anda perhatikan adalah memilih barang yang sedang trend, trend disini yaitu model warna dan desainnya sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini. Anda harus pintar mengikuti perkembangan ini. Biasanya, peralatan bayi ini memiliki motif kartun. Dengan hal ini apabila ingin mengikuti trend, Anda harus update kartun apa yang sedang populer saat itu.

Selanjutnya adalah dari segi harga. Harga merupakan penentu keuntungan dari bisnis ini. Anda bisa memilih harga yang murah dengan cara tawar menawar dengan pemasok barang. Semakin murah harganya maka anda jadi semakin mudah dalam menentukan harga jualnya. Namun hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu tertidur dengan harga. Karena bisa saja harga murah tetapi kualitasnya jelek. Hal ini nantinya akan memengaruhi citra bisnis anda dimata pelanggan.

3. Tenaga Kerja

Tenaga kerja nantinya adalah orang yang akan mengoperasikan dan memanajemeni usaha yang anda jalani. Apabila usaha anda tidak terlalu besar atau pemula, maka sebaiknya tenaga kerjanya adalah anda sendiri. Karena agar lebih mudah menentukan jalan bisnisnya jika anda yang mengoperasikan. Selain itu dengan mempekerjakan diri sendiri, anda tidak perlu lagi menambah biaya gaji. Namun jika bisnis anda sudah cukup berkembang, maka untuk memilih tenaga kerja juga tidak ada salahnya. Pilihlah tenaga kerja yang rajin dan ulet agar bisnis anda juga tetap berkembang.

4. Pemilihan Tempat

Pemilihan tempat bisa dijadikan suatu faktor yang akan memengaruhi laju bisnis anda. Karena tempat sangat erat kaitannya dengan keberhasilan pemasaran produk anda. Tipe bagi anda yang memilih tempat untuk berbisnis ini pastikan tempat tersebut mudah terjangkau, strategis serta tempatnya berada di kompleks perumahan. Namun anda juga bisa memilih tempat yang berdekatan dengan pasar atau bahkan di pasar itu sendiri.

Untuk tempat jualan, anda bisa menyewa mengkontrak atau akan lebih baik jika tempat tersebut adalah tempat anda sendiri. Semuanya ada plus minusnya. Apabila rumah anda sudah memiliki target konsumen yang baik, maka untuk mencari tempat usaha bisa saja memilih rumah anda sendiri. Namun biasanya jika anda memilih rumah sebagai tempat usaha, maka nantinya anda harus gencar mengenakan tempat tersebut kepada para konsumen.

Namun apabila anda memilih pasar sebagai tempat usaha, anda akan diuntungkan dari segi pemasaran. Maksudnya adalah anda jadi lebih luas menjangkau konsumen karena pasar merupakan tempat banyak konsumen berkumpul. Untuk pengembangan usaha dan pengenalan usaha juga jadi lebih meningkatkan apabila anda memilih pasar. Namun satu hal yang harus anda perhatikan adalah apabila anda memilih pasar maka anda harus mengeluarkan biaya baru untuk sewa kios, anda harus mempertimbangkan agar harga sewa ini tidak mengganggu keuntungan anda nantinya.

5. Penentuan Harga

Berikut kami akan memberikan rancangan kasar terhadap hitung hitungan modal serta keuntungan agar bisa menjadi rujukan bisnis anda kedepannya. Namun hal ini hanya asumsi belaka, nantinya akan terdapat beberapa variabel yang bisa saja berbeda.

Modal Investasi Awal

  1. Renovasi ruangan Rp20.000.000
  2. Biaya launching usaha Rp5.000.000
  3. Dana liquid cadangan Rp20.000.000
  4. Peralatan dan perlengkapan (furniture, AC, computer, etalase, dll) Rp30.000.000
  5. Franchise Fee Rp5.000.000

Total Rp80.000.000

Biaya Operasional Bulanan

  1. Listrik dan pulsa Rp500.000
  2. Karyawan 5 orang Rp5.000.000
  3. Biaya antar delivery & ATK Rp500.000
  4. Lain-lain Rp1.000.000

Total Rp7.000.000

Asumsi Pendapatan

harga pokok stok Rp100.000.000 dengan asumsi keuntungan per bulan 25 %

=  Rp25.000.000

  1. Keuntungan

= Pendapatan – biaya operasional

= Rp25.000.000 – Rp7.000.000

= Rp18.000.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *