home Umum Peluang Usaha Jagung Pakan Ternak

Peluang Usaha Jagung Pakan Ternak

Jagung merupakan jenis tanaman serelia yang sangat umum ditanam di lahan pertanian di Indonesia yang digunakan sebagai bahan pengannti pangan pokok dari beras. Sehingga ketika kalian mencari beras jagung di pasar kalian juga dapat menemukannya dengan mudah. Apalagi beras jagung juga terkenal untuk digunakan sebagai alternatif pengganti beras untuk orang yang terkena penyakit diabetes.

Jagung ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk kita konsumsi sebagai bahan utama dari berbagai olehan makanan. Tetapi sekarang ini jagung telah dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sehingga jagung pakan ternak menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan loh. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan peluang usaha jagung pakan ternak berikut ini.

Peluang Usaha Jagung Pakan Ternak

Jagung Pakan Ternak akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh peternak ayam terutama pertenak ayam petelur. Apalagi ada kabar baik dari pemerintah dengan menerbitkan pepres dengan harga jagung per Kg 3.150 membuat banyak petani jagung mulai naik tingkat produksinya.

Dan untuk jagung pakan ternak sendiri di pasaran di jual dengan harga Rp 10 ribu sampai 15 ribu untuk 500 gram dan Rp 20 ribu sampai 30 ribu per 1 kilogramnya. Bagaimana sangat menarik bukan perbandingan harga jagung dair petani sekitar 3 ribu atau mungkin 5 ribu per kilogramnya ketika diolah menjadi pakan ternak kita bisa menjualnya dengan harga Rp 20 ribu sampai 30 ribu per 1 kilogramnya.

Target Pasar

Untuk target pasar dari jagung pakan ternak ini ada beberapa seperti :

  • Jagung pakan ternak untuk burung peliharaan
  • Jagung Pakan ternak untuk Ayam petelur atau boiler

Jenis Jagung Untuk Pakan Ternak

Untuk jenis atau varietas jagung yang digunakan untuk dijadikan pakan ternak umumnya adalah jenis BISI-18 atau juga bisa dnegan menggunakan benih jagung BISI-2 dan Premium-191.

Cara Pengolahan Jagung Pakan Ternak

Untuk jagung pakan ternak, usia dari proses penen jagung akan berbeda. Jika umumnya jagung yang di panen untuk diolah sebagai makanan dipanen 60 hari dalam kondisi basah. Maka untuk jagung pakan ternak akan dipanen setelah 90 hari penanaman, karena pohon jagung akan menghasilkan jagung lebih kering dan sangat cocok digunakan sebagai pakan ternak.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *