home Umum Penyakit pada Paru Paru

Penyakit pada Paru Paru

Paru paru merupakan organ yang sangat vital, fungsinya sangat penting bagi proses metabolisme tubuh. Untuk itu kita perlu menjaganya dari berbagai macam penyakit yang bisa mengancam organ ini. Kita harus mengenali jenis jenis penyakit yang menyerang organ ini. Berikut daftar penyakit yang menyerang paru-paru.

  1. Pneumonia

Penyakit ini terjadi karena infeksi yang mengakibatkan kantung udara yang ada di dalam paru paru menjadi radang serta bengkak. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama paru paru basah. Disebut demikian karena kondisi paru paru dipenuhi cairan bahkan nanah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi oleh bakteri jamur serta virus. Penularan dari penyakit inibbisa memalui udara ataupun cairan bersin dan batuk yang terkontaminasi oleh kuman.

  1. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau yang dikenal dengan TBC merupakan penyakit paru paru yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini dikenal dengan nama Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri ini bisa menyebar tidak hanya ke paru paru namun bisa menyebar ke berbagai organ lainnya seperti tulang, ginjal, sistem saraf pusat hingga kelenjar getah bening. Bakteri ini bisa menyebar melalui udara lewat percikan dan cairan dahak yang terkontaminasi.

  1. Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit akibat peradangan yang terjadi pada cabang cabang saluran udara bronkus. Penyakit bronkitis ini disebabkan oleh infeksi virus. Bronkitis bisa ditularkan melalui cairan dahak. Jika cairan dahak ini terhirup serta tertelan oleh orang lain maka bisa menginfeksi bronkus yang ada pada orang tersebut.

  1. Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit dengan singkatan PPOK ini merupakan penyakit yang timbul karena adanya peradangan paru kronis sehingga akan menyebabkan terganggunya aliran udara menuju paru paru. Penyakit paru-paru obstruktif kronis ini dibedakan menjadi dua yaitu bronkitis kronis serta emphisema. Perbedaannya terletak pada posisi radang, apabila bronkitis kronis maka radang terdapat di dinding bronkus, sedangkan pada emfisema, radang terjadi di alveoli.

  1. Asma

Asma merupakan penyakit kronis yang cukup populer penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan serta penyempitan pada saluran pernapasan. Ciri khas dari penyakit ini adalah si penderita akan mengalami sesak nafas.

Pada penderita asma, saluran pernapasannya menjadi jauh lebih sensitif. Apabila si penderita terkena alergen (pemicu) maka akan mengakibatkan saluran pernafasan menjadi menyempit, membengkak bahkan radang. Jenis alergen yang bisa menyebabkan asma antara lain debu, bulu binatang, asap rokok, virus hingga beberapa zat kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *