home Kesehatan Penyebab Telinga Sakit yang Harus Diketahui

Penyebab Telinga Sakit yang Harus Diketahui

Memiliki peran penting dalam penyeimbang tubuh telinga harus dijaga kesehatannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak penyebab telinga terasa sakit dengan berbagai kondisi. Seperti yang kita tahu bahwa jika telinga sakit bisa jadi mengindikasikan ada penyakit lainnya yang ditimbulkan.

Gangguan pada telinga tidak hanya seputar pendengaran namun menyangkut banyak hal seperti menyerang telinga dalam, sakit kepala maupun penglihatan. Tiga bagian penting dari telinga yakni bagian luar, tengah dan dalam. Ketiganya memiliki perannan penting yang berbeda-beda.

Dari ketiga bagian penting tersebut ada yang satu saja mengalami gangguan pasti akan berpengaruh pada fungsi bagian lainnya. Untuk itu kesehatan telinga harus benar-benar dijaga agar tidak mengalami kerusakan.

Telinga Sakit Terjadi Akibat Beberapa Hal Berikut Ini

Penyebab telinga sakit bermacam-macam mulai dari infeksi, tinnitus hingga adanya penyakit Meniere yang sangat menyiksa telinga.

  1. Infeksi telinga

Infeksi telinga terjadi karena banyak penyebabnya. Paling umum terjadi di bagian telinga bagian tengah. Apabila tuba eustachius tersumbat akibat pembengkakan infeksi bisa terjadi. Penyumbatan lainnya terjadi akibat alergi, flu, sinus maupun produksi lendir yang berlebihan. Biasanya terjadi pada anak di bawah usia 10 tahun.

Infeksi telinga juga bisa terjadi akibat gesekan yang terjadi saat membersihkan telinga menggunakan alat yang tidak steril ataupun berbahaya. Kotoran yang terlalu keras akan membuat telinga akan mengalami infeksi yang menyakitkan.

  1. Tinnitus

Akibat infeksi yang sangat parah mengakibatkan tinnitus. Ciri –cirinya terdengar suara mendenging berkepanjangan dan nyeri dirasakan penderita tinnitus. Maka dari itu saat mengalami infeksi ada baiknya jika langsung diperiksakan ke dokter THT agar tidak mengalami sakit yang lebih lagi.

  1. Penyakit Meniere

Penyakit ini terjadi karena cairan telinga tidak normal dan bisa menyebabkan vertigo yang datangnya tiba-tiba. Kepala terasa pusing dan berputar.

Penyakit telinga sakit bisa terjadi karena sering menggunakan headset dan mendengarkan suara yang kencang dan dekat. Agar tidak terjadi sakit pada telinga memang tidak disarankan mendengarkan music kencar melalui headset karena sangat berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *