home Kuliner Proses Pembuatan Tongseng Sapi

Proses Pembuatan Tongseng Sapi

Olahan kuliner yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi memang selalu mampu dalam memberikan suguhan-suguhan yang terbilang sangat istimewa dan juga lezat. Makanan hidangan daging terutama daging sapi ini seringkali menjadi hidangan utama yang bahkan begitu dicintai oleh banyak orang.

Ada berbagai pilihan olahan daging sapi yang nantinya bisa Anda buat seperti salah satunya adalah tongseng sapi. Kita semua pastinya paham bahwa hidangan tongseng ini pada umumnya dibuat menggunakan daging kambing. Hal inilah yang bisa dibilang cukup unik dari daging sapi pada umumnya.

Makanan tongseng sapi ini juga mampu memberikan rasa dan juga selera yang berbeda bagi Anda yang bahkan tidak terlalu menyukai aroma daging kambing yang bisa dibilang terlalu kuat. Nah, hidangan tongseng ini bahkan bisa Anda jadikan sebagai alternative untuk mencicipi betapa nikmatnya olahan tongseng.

Inilah Cara Membuat Tongseng Sapi

Karena bisa dibilang olahan ini memiliki rasa yang lezat, maka pahami berikut ini bagaimana cara membuat tongseng sapi yang lezat dan juga nikmat. Simaklah caranya berikut ini:

  • Bahan dan Bumbu

Persiapkan daging sapi, air, lengkuas, serai, santan, kol, bawang merah, daun salam, cabai hijau, merica bubuk, garam, gula pasir, dan lain sebagainya. Untuk takaran yang harus dipersiapkan ini menyesuaikan dengan kebutuhan.

  • Bahan yang Dihaluskan

Jahe, bawang putih, kemiri, bawang merah, kunyit yang dibakar terlebih dahulu dan ketumbar. Berapa takaran bahan yang dihaluskan bisa menyesuaikan dengan porsi tongseng yang akan Anda buat nantinya.

  • Proses Pembuatan

Rebus terlebih dahulu daging yang akan Anda buat, pastikan daging sapi yang akan Anda rebus ini empuk. Kemudian, setelah daging empuk, maka potong-potong dadu. Setelah itu, Anda bisa sambul menumis bawang merah dan bumbu halus bersamaan dengan lengkuas, daun salam, merica, kecap manis dan juga santan sambal Anda aduk-aduk sampai merata.

Kemudian, masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan daging, masukkan bumbu seperti gula, garam, merica, kecap manis, dan juga santan. Kemudian Anda aduk sampai dengan merata untuk memastikan bahwa santan tidak akan pecah dan kemudian aduk sampai dengan mendidih. Hidangkan saat masih panas dan tambahkan dengan kerupuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *