home Umum Risiko Penyakit Ginjal yang Sering Diabaikan

Risiko Penyakit Ginjal yang Sering Diabaikan

Anda mungkin sudah mengetahui beberapa gejala dan ciri dari penyakit ginjal seperti perubahan warna urin, sakit pinggang hingga rasa nyeri saat buang air kecil. Setelah Anda mengetahui adanya beberapa gejala yang identik, segera konsultasikan dengan dokter terkait penanganan yang  bisa dilakukan.

Jangan Ragu Konsultasi ke Dokter Saat Diketahui ada Gejala

Yang perlu Anda ingat adalah tanda dan gejala dari sakit ginjal sering kali tidak spesifik. Bahkan gejala sakit ginjal ini sering disalahartikan sebagai gejala dari penyakit-penyakit lain. Biasanya tanda dan gejala dari sakit ginjal juga tidak selalu muncul hingga terjadi kerusakan yang cukup parah. Inilah alasannya Anda perlu waspada dan segera menemui dokter saat diketahui ada tanda-tanda maupun gejala sakit ginjal.

Beberapa orang yang abai terhadap gejala sakit ginjal beranggapan bahwa gejal-gejala tersebut bukanlah masalah serius yang harus segera diangani. Faktanya, ginjal merupakan salah satu organ yang paling vital yang bertugas menyaring limbah dan racun yang ada dalam darah.

Limbah dan racun yang telah difilter oleh ginjal akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan keringat. Limbah merupakan zat sisa metabolisme tubuh sehingga tidak mungkin muncul, sementara racun didapat dari berbagai bahan makanan dan pola hidup yang tidak sehat. Keduanya menjadi hal yang sangat sulit untuk dihindari sehingga fungsi ginjal menjadi semakin penting bagi manusia modern.

Ginjal juga bertugas untuk menyaring kelebihan air dan limbah dalam darah yang kemudian dikeluarkan sebagai urine. Selain itu, ia juga berperan dalam membantu mengendalikan tekanan darah. Kerusakan pada ginjal membuat fungsinya berkurang atau bahkan menghilang menyebabkan limbah dan racun menumpuk.

Saat seseorang mengabaikan gangguan ginjal yang diawali dengan penurunan fungsi ginjal dengan diikuti berbagai gejala yang mungkin sudah Anda ketahui. Seiring waktu, penurunan fungsi menjadi semakin parah hingga memicu masalah lain yang mengancam. Ketidakmampuan ginjal dalam mengelola racun menyebabkan irama jantung menjadi tidak normal hingga memicu kematian mendadak.

Manusia normal terlahir dengan sepasang ginjal dimana saat terjadi kerusakan pada salah satunya, maka fungsi tubuh secara keseluruhan juga ikut terganggu. Walau demikian, orang yang hidup dengan satu ginjal masih bisa mendapatkan transplantasi ginjal. Sementara saat kedua ginjal tersebut rusak, maka ia harus melakukan prosedur cuci darahsecara rutin.

Demikianlah sekilas tentang penyakit ginjal yang seriingkali diabaikan gejala awalnya. Mengetahui risiko yang dihadapi saat membiarkan gangguan ini berlanjut tentunya bisa menjadi pertimbangan agar selalu menjaga pola hidup sehat dan melakukan penanganan yang tepat saat gejala sakit ginjal diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *