home Desain Minimalis dan Elegan, Yuk Simak Tips Membuat Desain Rumah 2 Kamar

Minimalis dan Elegan, Yuk Simak Tips Membuat Desain Rumah 2 Kamar

Saat ini rumah dengan desain yang minimalis sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Pemanfaatan ruang yang lebih efektif karena lahan yang semakin sempit menjadi alasan utama pemilihan desain rumah ini. Selain itu, desain rumah 2 kamar dengan model minimalis sangat cocok untuk keluarga yang tidak memiliki banyak anggota. Agar rumah tampak lebih elegan, berikut ini tips membuat desain rumah minimalis untuk keluarga kecil anda.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis yang Modern

  1. Memilih Desain Rumah yang Geometris

Desain rumah minimalis umumnya berbentuk geometris seperti kubus, kotak maupun persial. Dengan bentuk yang seperti ini, pemanfaatan ruang jauh lebih efektif. Dalam pemilihan desain ini, lebih memfokuskan abstraksi dan lebih banyak mengurangi ornamen-ornamen yang fungsinya kurang. Untuk atap rumah biasanya dipilih model yang lebih datar, karena model rumah minimalis dibangun di daerah perumahan agar prosesnya mengedepankan pengerjaan yang cepat.

  1. Menjaga Kebersihan dan Bersih

Membuat desain rumah yang minimalis harus disesuaikan dengan gaya hidup seperti kebersihan dan kerapian rumah. Agar kesan minimalis lebih terlihat, anda perlu menambahkan beberapa lemari atau rak untuk meletakkan beberapa barang agar terlihat lebih rapi. Dengan benda-benda yang tersimpah rapi, rumah akan tampak lebih cantik. Selain itu, kesan rumah yang penuh dan sesak bisa anda hindari dengan tidak membangun dinding tambahan.

pixabay.com
  1. Memilih Furniture yang Kontras

Dalam membuat desain rumah 2 kamar, hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna elemen ruanganyang lebih kontras. Hindari menggunakan bahan dengan warna yang mencolok agar lebih enak dipandang mata. Dengan warna yang lebih kontras,kesan ruangan di rumah anda akan tampak lebih luas dan nyaman. Jika anda menggunakan tema ruang tamu klasik, anda bisa memilih warna kursi,lemari dan tirai dengan warna coklat.

Selain itu, warna putih sering kalli menjadi pilihan warna favorit untuk desain rumah dengan kamar yang terbatas. Hal ini karena warna putih dinilai lebih elegan dan sederhana dibandingkan warna lain. Penggunaan warna putih pada rumah minimalis mulai dari lantai, dinding, atap bahkan furnitur. Warna ini juga melambangkan kesucian serta kesehatan yang diharapkan hadir pada keluarga.

  1. Mengurangi Barang-Barang yang Tidak Penting

Sebagaimana desain rumah yang minimalis, pastinya ruang yang ada tidak terlalu luas dan besar. Penggunaan barang-barang yang tidak terlalu penting justru akan semakin membuat rumah tampak penuh. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih barang-barang yang penting saja untuk ditempatkan di rumah. Jika sudah terlanjur membeli beberapa barang perlengkapan sebagai penghias rumah 2 kamar, anda bisa memilih tempat yang tepat untuk meletakknya.

pixabay.com
  1. Lebih Mementingkan Kualitas

Penawaran furnitur dengan model yang menarik seringkali membuat kita terkecoh. Padahal tren yang sedang booming tersebut belum tentu memiliki kualitas yang bagus dan bersifat tahan lama. Dalam konsep rumah dengan kamar terbatas, pemilihan elemen rumah lebih mementingkan kualitas dibandingkan dengan kuantitasnya. Jangan sampai salah membeli barang yang ternyata mudah rusak padahal belum lama dipakai.

Selain itu, faktor penting dalam pemilihan furnitur adalah kemudahan saat dipindahkan. Rumah yang minimalis mengharuskan penempatan yang serapi mungkin, sehingga apabila ada penambahan barang yang masuk memerlukan penataan ulang. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih furnitur yang lebih ringan dan mudah untuk dipindahkan. Pemilihan model yang lebih klasik akan membuat tampilan rumah 2 kamar anda lebih elegan.

  1. Mendekorasi Ruangan Mengaplikasikan Tekstur

Jika anda bosan dengan tema ruangan dengan warna putih, anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda dengan pengaplikasian tekstur. Anda bisa memadukan desain interior rumah dengan menambahkan tekstur kayu pada bagian atas ruangan untuk meletakkan barang-barang. Atau anda bisa menambahkan tekstur pada kamar mandi dengan memakai keramik dengan warna abu-abu kasar sehingga membuat suasana tampak lebih hidup.

  1. Menggunakan Ruang Kosong

Desain rumah minimalis membutuhkan ruang kosong untuk mempercantik ruangan. Dengan penggunaan ruang kosong ini, anda bisa menempatkan beberapa benda yang dapat mempercantik ruangan. Dinding rumah dengan atap datar akan meambah kesan minimalis. Pintu dengan warna coklat akan membuat tampilan rumah lebih elegan. Jika anda berencana menggunakan 2 lantai, anda bisa melihat di https://ruangarsitek.id untuk memilih model yang tepat.

pixabay.com
  1. Memainkan Pola untuk Mempercantik Ruangan

Agar tampak lebih hidup anda bisa memainkan pola untuk mempercantik desain rumah 2 kamar. Anda dapat menggunakan pola pada furnitur agar dekorasi rumah tampak lebih unik. Pilihlah warna yang senada agar terlihat lebih cantik. Anda juga dapat menambahkan aksen dinding dengan warna abu-abu untuk mempercantik ruangan. Namun untuk ruangan yang kecil, anda bisa memilih aksen dinding untuk memberikan dimensi ruangan yang lebih luas.

  1. Menggunakan Objek yang Lebih Sederhana

Meskipun memililiki desain rumah yang minimalis, anda bisa tetap bisa menggunakan dekorasi untuk mempercantik rumah. Hindari untuk menggunakan obyek yang lebih kecil karena akan membuat ruangan terlihat lebih sesak. Lebih baik, anda memilih objek yang besar meskipun hanya memakai jumlah yang tidak banyak. Ada bisa menambahkan elemen yang lebih fungsional seperti lampu duduk atau lemari dinding untuk mengisi ruangan.

Jika Pemakaian lemari dirasa cukup memnuhi, anda dapat memanfaatkan bagian dinding atas untuk penempatannya. Penempelan di bagian atas tempat tidur akan membuat kamar tampak lebih luas dan nyaman saat dipandang. Selain itu, anda juga bisa menambahkan objek lain seperti vas dan lampu di meja samping tempat tidur. Dengan pengaturan seperti ini, anda akan merasa lebih nyaman saat berada di dalam kamar.

  1. Memaksimalkan Lahan Dengan Efektif

Meskipun lahan untuk desain rumah 2 kamar terbatas, buka berarti anda tidak bisa mengaturnya dengan baik. Agar pemanfaatan lahan lebih maksimal, anda bisa meminta bantuan ahli dekorasi sehingga lahan di rumah bisa digunakan dengan baik. Penggunaan lahan kosong ini bisa anda manfaatkan untuk halaman rumah yang lebih luas, kolam renang maupun ruangan outdoor.

Memilih desain rumah minimalis memang sangat tepat untuk lahan yang sangat terbatas. Namun, anda tidak perlu khawatir jika kesulitan melakukan dekorasi. Karena anda bisa memilih elemen yang lebih fungsional agar pemanfaatan ruang lebih maksimal. Selain itu, desain rumah yang minimalis harus tampak lebih rapi dan bersih sehingga anda harus menjaga kerapian dan kebersihannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *