Cara Merawat Suara Burung Kenari Agar Indah

Setiap masing-masing individu memiliki alasan tersendiri ketika memutuskan memelihara burung. Alasannya karena bulunya indah, kicauannya yang merdu, atau karena burung tersebut bernilai fantastik. Burung yang biasanya dipelihara salah satunya adalah burung kenari.

Burung Kenari yang memili nama latin Serinus Canaria sangat diminati karena memiliki kemampuan bernyanyi yang baik. Selain itu Burung Kenari juga memiliki berbagai macam dan bentuk warna yang sangat unik dan berbeda-beda.

Cara Merawat Suara Burung Kenari Agar Indah

Burung Kenari memiliki suara yang indah dan mampu mengeluarkan nada yang berbeda, selain itu cara merawatnya pun tergolong mudah. Berikut ini cara merawat suara burung kenari dilansir dari pengicau.net:

Memberikan pakan yang baik

Faktor utama dalam merawat suara burung adalah memberikan pakan yang baik. Selalu berikan makanan yang bergizi seperti yang berasal dari campuran biji-bijian, sayuran segar, asinan telor sotong, telur puyuh rebus, dan kroto.

Akan tetapi harus diingat, jangan memberikan pakan yang berlebihan. Karena berat badan yang berlebihan akan membuat burung kenari menjadi jarang berkicau.

rgbstock.com

Pemasteran burung kenari

Pemasteran yaitu memberikan atau memperdengar suara pada Burung Kenari. Suara tersebut bisa dari rekaman yang disimpan di kandang bersama Burung Kenari peliharaanmu.

Pelatihan ini dilakukan selama 2 jam berturut-turut, dengan volume yang kecil agar Burung Kenari tidak ketakutan. Dengan pemasteran ini burung Kenari akan berlatih berkicau sendiri.

Merawat burung kenari

Merawat burung kenari cukuplah mudah yaitu dengan rutin memandikan dan menjemur burung kenari. Cara memandikan burung kenari yaitu dengan di semprot hingga bulu-bulunya benar-benar basah merata ke seluruh badannya. Lalu kemudian di jemur sekitar 2 jam pada pagi hari. Burung kenari dimandikan sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Membersihkan kandang burung kenari

Tidak cukup membersihakan burung kenarinya saja tapi kandangnya pun harus dibersihkan. Hal ini merupakan hal yang penting juga, sebab kebersihan dari kandang burung kenari akan memberikan efek kesehatan langsung pada burung kenari itu sendiri.

Kotoran yang ada di kandang burung kenari akan berjamur dan menimbulkan bakteri yang pastinya akan membahayakan kesehatan burung kenari. Dan selalu pastikan kebersihan dari tempat makanan dan minuman burung kenari juga.

Usahakan hindari pengganggu

Memberikan waktu istirahat kepada burung kenari sanagatlah penting, apalagi bagi burung yang sering mengikuti lomba. Maka dari itu hindarkan burung kenari dari segala macam gangguan. Karena jika ada penggangu yang membuat burung kenari stres dan berakibat fatal yaitu burung kenari dapat meninggal karena stres.

pickupimage.com

Merawat burung kenari dengan konsisten

Jika ingin memiliki burung kenari yang memiliki suara yang indah, tumbuh dengan aktif dan gesit. Maka cara merawat burung kenari pun harus benar dan konsisten. Perlu ketelatenan yang tinggi dalam merawatnya setiap hari. Apabila memeliharanya hanya ikut-ikutan trend maka burung kenari tidak akan mengeluarkan suara yang indah. Dan lebih baik tidak perlu memelihara apabila merawatnya hanya setengah hati.

Melatih burung kenari di kandang umbaran

Kandang umbaran adalah kandang yang memiliki ukuran minimal 2 x 1 meter dan memiliki dua buah penangkir di bagian sudutnya. Dengan pengumbaran dapat membuat seluruh tubuh burung kenari bergeraka dinamis. Sehingga membuat tubuhnya lebih sehat dan nafasnya panjang serta stamina yang memadai.

Stabilkan birahi burung kenari

Ternyata biraji yang terlalu tinggi dan tidak stabil pada burung kenari akan menjadikan suara burung kenari tidak keras karena adanya penurunan stamina pada tubuhnya, jadi burung kenari tersebut hanya akan fokus pada urusan birahi saja. Memberikan makan mentimun, memandikan burung kenari lebih sering, hingga mengawinkan burung kenari adalah cara untuk menurungkan birahi pada burung kenari.

Jemur dalam waktu yang lebih lama

Ternyata menjemur burung kenari lebih lama dari waktu burung kenari biasa dijemur akan membuat suara burung kenari menjadi lebih nyaring. Waktu penjemurannya sore hari atau pagi hari setelah burung kenari mandi. Tujuan penjemuran yang lebih lama akan membuat burung kenari memiliki daya tahan tubuh yang kuat dari biasanya.

pickupimage.com

Melatih kicauannya secara rutin

Pelatihan pemasteran pada burung kenari harus rutin setiap hari dilakukan. Tujuannya agar dalam waktu tiga bulan burung kenari sudah mamu menirukan suara dari rekaman yang didengarnya.

Jauhkan dari cahaya matahari langsung

Sinar matahari memang bagus untuk menjaga performa burung kenari, namun hanya cahaya pagi saja yang bagus. Ketika sudah lebih dari pukul sembilan pagi segera pindahkan kandang ke tempat yang teduh.

Sinar matahari yang terlalu panas sangat berbahaya bagi kesehatan burung kenari. Burung kenari bisa tekena heat stress yang akan berpotensi menjadi heat stroke jika diabaikan. Dan yang paling fatal dapat menyebankan kematian mendadak apda burung kenari.

Demikian cara merawat suara burung kenari agar indah. Tentunya cara-cara tersebut dapat dicoba sendiri kepada burung kenari di rumah kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil kicau lovers…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *