home Islam Manfaat Membaca Surat Yasin Fadilah

Manfaat Membaca Surat Yasin Fadilah

Quran adalah Keagungan dan berkah terbaik dari Allah SWT yang Dia berikan kepada umat manusia. Pada pembacaan setiap kata Al-Qur’an, ada hadiah untuk orang percaya. Selain hadiah pada teks umum Al-Quran, beberapa Surat khusus memberikan balasan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. salah satu surah yang ada di alquran adalah yasin.

Surah Yasin Adalah Salah Satu Surah Al-Quran Yang Paling Dihormati

Surah Yasin Adalah
ilustrasi Surah Yasin (photo: pixabay.com)

Masyarakat Muslim di seluruh dunia tentu membaca surah yasin , menghafalnya dan menyetel pembacaannya dengan kesucian dan rasa hormat yang luar biasa. Ada alasan di balik prestise yang lebih besar dari Surat Yasin yang ditentukan oleh Nabi Muhammad SAW tercinta dalam berbagai perkataannya yang menuntut berbagai keuntungan dari pembacaannya. Baris berikut berbicara tentang manfaat signifikan membaca Surah Yasin.

Yasin serin dikaitkan dengan Jantung Quran. Nabi kita tercinta Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Tentunya, semuanya memiliki hati, dan hati Al-Quran adalah Yaseen. Saya ingin itu ada di hati setiap orang percaya ummah saya. ” –Tafsir -al- Sabuni, volume: 2

Semuanya memiliki hati, dan hati Al-Quran adalah Surat Yasin. Ini menunjukkan pentingnya Surah ini karena satu kata dari Al-Qur’an membawa sepuluh hadiah, maka tentu hati dari Kitab Suci ini akan membawa hadiah yang lebih besar dari itu. Hal lain yang jelas dari perkataan ini adalah bahwa Nabi Muhammad SAW menegaskan keserupaannya dengan ingatan dan menghafal Surat ini oleh para pengikut-Nya. 

Manfaat Surah Yasin

Manfaat Surah Yasin
ilustrasi Manfaat Surah Yasin(photo: pixabay.com)

anda mungkin belum tahu betul manfaat membaca surah yasin. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, ada manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan rajin membaca surah yasin. Apa saja sih, manfaat dari membaca surah yasin? Berikut ulasannya.

  • Pengampunan dari Dosa

Surah yasin ternyata memiliki manfaat bagi para pembacanya supaya dapat diampuni dosa-dosaya. Tentang manfaat pengampunan dari Surat Yasin, Nabi Muhammad SAW yang terkasih kami berkata:

“Siapa pun yang membaca Surah Yaseen pada malam hari meminta persetujuan Allah, Allah akan memaafkannya.” Ibnu Hibban, Darimi 3283 / A, Abu Yala, Tabarani, Baihaqi & Mardawaih.

Jika seseorang membaca Surah Yasin dengan niat murni dan benar untuk memuaskan Allah SWT pada malam hari, maka ia akan bangun bebas dari dosa keesokan paginya. Selanjutnya, jika seorang mukmin memastikan untuk membaca Surah Yasin sebelum tidur hanya untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT, maka ia harus yakin bahwa dosanya diampuni saat ia tidur.

  • Hadiah Luar Biasa

Selain mendapat pengampunan membaca surah yasin juga akan diberikan hadian atau ganjaran yang luar biasa dari Alllah.

Nabi kita Muhammad SAW menyatakan keuntungan luar biasa lain dari membaca Surat Yasin:

Siapa pun yang membaca Surah Yaseen, Allah memberi ganjaran kepadanya yang setara dengan membaca seluruh Quran. ” –Tirmidzi 2812 / A

Hadits ini tidak memerlukan klarifikasi apa pun karena dinyatakan secara eksplisit bahwa membaca Surah Yasin satu kali sama dengan membaca Alquran sepuluh kali. Ini memberikan lebih banyak alasan bagi seorang beriman untuk menghafal Surat Yasin sehingga dapat digunakan berkali-kali dalam sehari untuk mendapatkan hadiah besar, yang nilainya di luar pemahaman manusia.

  • Meringankan Kematian

Kematian adalah proses yang sangat menyakitkan ketika ruh dicabut dari dalam tubuh. namun, dengan rajin membaca surah yasin kesakitan akan rasa kematian akan diringankan.

Manfaat akan Kemudahan Kematian di ungkapkan Nabi kita tercinta Nabi Muhammad SAW yang bersabda:

“Ucapkan Yaseen pada mereka yang sekarat.” –Sanan Abi Dawud

Jelas dari Hadis ini bahwa Surah Yasin direkomendasikan untuk dibaca dekat dengan orang yang sekarat. Seorang pria yang meninggalkan dunia ini membutuhkan bantuan spiritual dan penghiburan untuk meneruskan ke dunia sukses dengan mudah sehingga sekitar waktu ini jika Hati Al-Qur’an dibacakan, itu membantu jiwa yang semakin berkurang dan membawa kedamaian dan kenyamanan untuk proses yang menyiksa.

  • Membantu Masalah Kehidupan

Melafalkan The Yaseen setiap hari membantu Anda memecahkan masalah kehidupan duniawi ini dan memudahkan ujian kehidupan atau pasangan hidup. Bacaan ini memohon berkah dari Allah SWT pada pembaca. Surah ini juga dikenal karena menghilangkan banyak ketakutan dari hati.

  • Memenuhi Kebutuhan

Dilaporkan oleh Ata bin Abi Riibaah, bahwa Nabi Muhammad SAW menyatakan;

“Siapa pun yang membaca Surah Yaseen di awal hari, semua kebutuhannya untuk hari itu akan terpenuhi.”

Jika Anda membutuhkan dukungan penuh dari Allah, cobalah biasakan membaca Surah Yaseen di Subuh. Anda akan menemukan betapa mudahnya Anda melewati semua rintangan dan masalah datang pada hari itu. Plus, Allah SWT akan mencukupi Anda dan memenuhi semua kebutuhan Anda.

Membaca Quran sendiri merupakan hadiah tersendiri. Kami beruntung memiliki pesan Allah dalam bentuk Al-Quran dan sangat diberkati memiliki kesempatan untuk membaca dan memahami Kitab Ilahi yang ajaib ini. Semoga Allah SWT memberikan semua orang beriman pemahaman tentang Al-Quran dan Surat-suratnya yang indah. Ameen.

Kini anda bisa Download surat yasin supaya lebih mudah untuk menhafalkan dan mendengarkan surah tersebut dimana pun dan kapan pun anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *