home Islam Keutamaan dan Tafsir Surat Ar Rahman

Keutamaan dan Tafsir Surat Ar Rahman

Dalam Islam terdapat banyak hal yang harus dipahami oleh para muslim. Hal-hal yang harus dipahami ini terkadang wajib dan juga terkadang tidak wajib. Salah satu hal wajib dan harus dipahami adalah Al Qur’an. Al Qur’an memiliki banyak hal yang wajib dilakukan oleh seorang umat muslim. Seorang muslim wajib melaksanakan sholat dan wajib untuk membaca Al Qur’an . Untuk orang-orang yang belum menguasai Al Qur’an juga di wajibkan untuk belajar agar tidak salah ketika membaca ataupun menafsirkannya. Salah satu surat yang sering kali dibaca dan dicari pemahamannya adalah surat Ar Rohman. Tafsir surat Ar Rohman banyak dicari oleh masyarakat sebab dianggap sebagai salah satu surat dalam Al Qur’an yang memiliki nilai paling tinggi dan banyak digunakan. Terdapat banyak tafsiran dan juga terjemahan surat ini di internet ataupun di mesin pencarian lain akan tetapi semuanya memiliki kesamaan yang hampir serupa di mana setiap surat akan memberikan tafsir yang berbeda-beda.  Akan tetapi secara umum tafsir dari surat Ar Rahman bisa disimpulkan sebagaimana berikut ini.

pixabay.com

Keutamaan Surat Ar Rahman

Terdapat beberapa keutamaan ketika umat muslim membaca surat ini. Tak hanya sebatas mendapat pahala saja akan tetapi keutamaan dan keistimewaan orang-orang yang membaca surat ini sangat menakjubkan. Banyak orang menggunakan surat ini sebagai salah satu sarana untuk melakukan rukun-rukun iman ataupun hanya sekedar untuk bahan bacaan dikala waktu senggang. Surat ini adalah surat yang banyak digunakan oleh masyarakat jika ingin melakukan pernikahan. Surat ini sebagai salah satu mas kawin yang cukup populer di kalangan banyak umat muslim. Walau pada kenyataannya penggunakan surat ini biasanya melenceng jauh dari hal kegunaan sebenarnya. Akan tetapi pahala yang di dapat ketika membaca surat ini tentu bisa jadi salah satu perhitungan yang tepat bagi umat muslim. Berikut keutamaan surat Ar Rahman bagi kaum muslimin:

  1. Meningkatkan keimanan

Sebagai salah satu surat yang ada di dalam Al Qur’an. Tafsir surat Ar Rahman dapat meningkatkan keimanan dari seseorang. Surat ini berjumlah 78 ayat yang mana setiap ayat memiliki arti yang berbeda-beda. Sebagai salah satu keutamaan membaca surat ini adalah kadar keimanan yang dimiliki oleh seorang muslim akan bertambah. Kadar keimanan ini yang nantinya akan didapat secara mudah oleh para pembaca dan meningkatkan pahala serta keimanan yang dimiliki. Iman merupakan salah satu hal penting yang biasanya sering kali terabaikan. Seseorang muslim sering kali mendapatkan sebuah masalah ataupun cobaan dan mereka terkadang tidak dapat melakukan hal tersebyt sendiri sehingga mereka mulai berbuat hal-hal yang dilarang. Hal itu pula yang menyebabkan pembacaan ayat ini dapat meningkatkan keimanan. Keimanan seseorang sering kali di uji dan untuk meningkatkan hal tersebut para masyarakat muslim dapat menggunakan surat ini sebagai salah satu bahan referensi atau patokan.

pixabay.com
  1. Mendapatkan ridho Allah

Hal kedua yang bisa di dapatkan masyarakat atau orang muslim yang membaca surat ini salah mendapatkan ridho dari Allah. Ridho dari Allah jauh lebih besar keuntungannya dari pada rihdo sesama manusia. Jika membaca surat ini secara teratur dan tidak lurus maka banyak keuntungan yang bisa didapat salah satunya adalah ridho dari Allah. Ketika mendapatkan ridho dari Allah segala hal akan sangat dimudahkan dan dilancarkan. Tak hanya masalah pekerjaan saja akan tetapi banyak masalah yang akan dipermudah oleh Allah. Ridho Allah memiliki kekuatan yang cukup besar sehingga tidak akan mampu di ukur dengan apapun.

  1. Mensyukuri nikmat

Dalam hal ini membaca surat Ar Rahman setiap hari akan membuat setiap orang yang membacanya selalu bersyukur. Setiap nikmat yang diberikan oleh Allah akan selalu di syukuri oleh setiap pembaca surat ini. Membaca surat ini memiliki keutamaan untuk membuat masyarakat selalu mensyukuri nikmat yang mereka peroleh  dengan rasa syukur ini lah para umat muslim akan mendapatkan ridho Allah.  Dengan ridho Allah ini lah rejeki yang diberikan untuk para umat muslim menjadi semakin lancar.

pixabay.com

Keistimewaan Surat Ar Rahman

Sering kali orang melakukan tafsir atau penerjemahan arti. Hal ini pula yang dilakukan oleh banyak orang. Banyak orang menggunakan tafsir surat Ar rahman untuk melakukan aesuatu. Ar Rahman sering kali digunakan oleh banyak orang sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan sebuah kenikmatan dan kelancaran rejeki. Salah satu keistimewaan surat Ar Rahman ini adalah surat ini sering kali digunakan sebagai salah satu hal atau sebagai salah satu komponen untuk mas kawin. Tak jarang banyak orang atau bahkan generasi milenial saat ini menggunakan surat Ar Rahman sebagaimana mas kawin mereka. Surat ini menjadi trend tak kala banyak anak kekinian menggunakannya untuk menghalalkan pasangan mereka. Sebagai salah satu hal yang cukup penting surat ini menjadi trend dan populer di kalangan masyarakat. Kepopuleran surat ini mengalahkan kepopuleran surat lain. Setiap orang yang membaca surat ini berharap untuk selalu mendapatkan rejeki yang berlimpah dan nikmat yang mengalir lancar dari Allah. Membaca surat ini secara rutin akan membuat perubahan bagi para pembacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *