Pelajari 4 Kunci Memilih Tempat Air Minum Yang Aman

Tahukah Anda memilih tempat air minum ternyata hampir sama seperti memilih barang elektronik. Mengapa demikian? Memilih botol minum yang bagus dan berkualitas cukup memusingkan apalagi sekarang ini banyak sekali pilihannya. Penting sekali memperhatikan kualitas dan bahannya agar tetap aman dan sehat saat digunakan.

Saat ini botol minum plastik atau biasa disebut tumbler menjadi salah satu jenis tempat minum yang digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Selain harganya yang lebih hemat dibandingkan dengan tempat minum lainnya, botol jenis ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Sehingga menggunakan tempat minum yang tepat bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan kita.

Tips Memilih Tempat Air Minum yang Bagus dan Aman

Perhatikan Bahannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli tempat air minum adalah lihat dari bahannya. Umumnya botol air yang bisa digunakan kembali terbuat dari bahan poliester, polycarbonate, polietilena, aluminium ataupun kaca. Beragam jenis bahan yang sudah disebutkan tersebut tentu memiliki keunggulan dan juga kekurangan yang berbeda-beda.

Namun bagi Anda yang ingin mencari wadah air minum yang tahan lama maka sebaiknya untuk memilih yang berbahan stainless steel atau aluminium. Perlu diketahui, botol air minum yang terbuat dari kedua bahan tersebut cenderung lebih kuat dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Selain itu bahan tersebut juga tetap awet meski dalam suhu yang pas maupun dingin.

pixabay.com

Memiliki Label BPA-Free

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat membeli tempat air minum yaitu pastikan terdapat label BPA-Free pada botol tersebut. Seperti yang diketahui, sekarang ini sebagian besar botol minuman yang beredar di pasaran sudah menggunakan label ini. BPA atau Bisphenol-A merupakan sebuah senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik jenis polycarbonate.

Sekarang ini plastik jenis polycarbonate memang sering digunakan untuk botol minumanĀ  dan memiliki bahan plastik yang terlihat bening. Perlu diketahui, BPA yang terdapat pada botol minuman dapat terlepas kapan saja, terlebih jika terpapar sinar matahari secara langsung.

Lihat tanda di Bagian Bawah Botol

Jika sudah memastikan tempat minuman yang Anda pilih mengandung label BPA-Free, maka selanjutnya Anda perlu mengecek bagian bawah botol. Ketika hendak membeli wadah yang berbahan plastik, maka sebaiknya untuk memperhatikan instruksi yang terdapat pada label botol. Pastikan botol atau tempat yang Anda pilih aman digunakan untuk suhu panas maupun dingin.

Selain itu Anda juga perlu melihat bagian bawah botol apakah terdapat segitiga berpanah yang berangka 1-7 dan juga kode huruf. Kode-kode yang terdapat pada bagian bawah botol tersebut merupakan kode bahan plastik yang digunakan. Dari sana Anda bisa tahu apakah tempat air yang Anda beli aman dan berkualitas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selanjutnya tips yang juga bisa Anda terapkan dalam membeli tempat air minum yakni pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini, Anda perlu memilih botol yang desain nya sesuai dengan kegunaan. Tujuannya yaitu agar botol yang Anda gunakan lebih awet dan juga tahan lama.

Perlu diketahui ada botol multifungsi yang mana dapat digunakan untuk berbagai macam minuman. Jangan lupa untuk memilih botol air minum yang bermulut lebar sehingga lebih mudah dibersihkan.

pixabay.com

Merawat Tempat Air Minum Agar Selalu Awet dan Bersih

Cuci Botol dengan Benar

Tahukah Anda, agar botol selalu bersih dan steril maka pastikan untuk membersihkan dengan benar dan tepat. Cara membersihkan botol itu sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan air hangat ke dalam botol sampai penuh pada saat Anda mencucinya. Kemudian tutup botol dan diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya bilas dengan menggunakan sabun hingga benar-benar bersih.

Bersihkan dengan Menggunakan Tangan

Cara selanjutnya untuk membersihkan tempat air minum dengan tepat yaitu pastikan untuk selalu membersihkannya baik sebelum atau sesudah digunakan. Sebaiknya untuk membersihkan botol dengan menggunakan tangan atau tanpa menggunakan alat apapun yang mana dapat merusak tempat air tersebut.

pixabay.com

Hindari Memasukkan Air Panas

Seperti yang diketahui, banyak orang yang sering memasukkan air panas ke dalam wadah atau tempat air minum yang berbahan plastik. Sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat meningkat suhu di bagian luar botol. Oleh karena itu, agar botol tetap awet sebaiknya untuk mendiamkannya agar sedikit hangat.

Nah, itulah ulasan tentang tips memilih tempat air minum beserta perawatannya. Bagi Anda yang sekarang ini sedang bingung referensi tempat minum yang aman dan bagus Botolista bisa menjadi solusi yang tepat. Tersedia banyak sekali pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir karena semua produk dari Botolista terbuat dari bahan-bahan yang aman. Selamat mencoba!

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *