home pendidikan Tips dan Trik Tes Masuk STTD

Tips dan Trik Tes Masuk STTD

Lolos di sekolah kedinasan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi para siswa yang baru saja lulus dari jenjang sekolah menengah. Apalagi bagi orang tua yang sangat ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah kedinasan. Hal inilah yang membuat sekolah kedinasan di Indonesia tidak pernah sepi peminat dan bahkan pesertanya terus bertambah setiap tahun.

Ada banyak sekali sekolah kedinasan favorit yang banyak diincar oleh siswa sekolah menengah. Salah satunya adalah STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, STTD ini merupakan perguruan tinggi yang dibina langsung oleh pemerintah dan memiliki prospek kerja yang jelas.

Itulah mengapa banyak orang tua yang menyarakan anaknya untuk menempuh pendidikan di tempat ini. Terdapat tiga jalur pendaftaran yang tersedia untuk Anda yang berminat melanjutkan pendidikan di STTD, yakni jalur pola pembibitan, jalur regular, dan juga jalur mandiri. Untuk jalur pola pembibitan ini kurang lebih hampir sama dengan SNMPTN untuk perguruan tinggi negeri.

Akan tetapi, keistimewaan dari siswa yang masuk STTD melalui jalur pola pembibitan ini adalah ia bisa menjadi PNS di daerah tersebut secara langsung setelah lulus. Biasanya daerah yang menerapkan jalur pola pembibitann ini berada di luar Jawa, namun beberapa daerah di Jawa juga menerapkan hal serupa, seperti di Batang dan Semarang.

pxhere.com

Kemudian selanjutnya ada jalur regular. Berbeda dengan jalur pola pembibitan, jalur regular ini setelah lulus nanti tidak langsung menjadi PNS. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pihak STTD akan membantu dan merekomendasikan pekerjaan dari instansi yang bekerja sama dengan pihak STTD tersebut.

Jalur terakhir adalah jalur mandiri yang baru akan dibuka ketika pendaftaran dua jalur sebelumnya sudah selesai. Tes masuk STTD sendiri secara umum hampir sama dengan tes masuk sekolah kedinasan yang lain. Anda harus menempuh tes TKD, tes TPA, tes kesehatan serta tes wawancara terlebih dahulu.

Apabila Anda berhasil melewati tes masuk STTD tersebut dengan baik, maka Anda hanya perlu menunggu pengumuman apakah Anda lolos menjadi siswa STTD atau tidak. Biasanya pihak STTD akan memberikan pengumuman secara resmi melalui website mereka. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan hasil pengumuman resminya.

pxhere.com

Berikut ini adalah beberapa tips dan juga trik untuk Anda yang ingib mengikuti seleksi masuk STTD.

  1. Menyiapkan Berkas

Pastikan jika seluruh berkas dan dokumen penting yang dibutuhkan telah disiapkan dengan baik dan lengkap. Jangan sampai ada satu berkas yang tertinggal karena hal tersebut akan memengaruhi hasil penilaian Anda. Berkas yang dibutuhkan antara lain adalah kartu identitas, surat rekomendasi dan berkas lain yang telah dilegalisasi.

  1. Mempelajari Banyak Contoh Soal

Salah satu tahapan terpenting dari seleksi masuk STTD adalah tes tertulis, yakni TPA, TKB, TKD, psikotes, dan tes wawancara. Agar Anda lebih familiar dengan soal dan materi yang diujikan, sangat disarankan untuk banyak mempelajari contoh-contoh soal. Anda bisa mengunduh di internet ataupun belajar di bimbel STTD.

Sekarang ini di berbagai daerah sudah banyak tersedia lembaga bimbel STTD yang tentu saja akan sangat membantu Anda dalam mempersiapkan ujian seleksi masuk sekolah kedinasan tersebut. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar langsung di bimbel dengan pengajar terlatih, ya.

  1. Memaksimalkan Kemampuan Keterampilan dan Bahasa

Salah satu modal paling penting yang harus Anda miliki dan kuasai ketika menghadapi seleksi masuk STTD adalah kemampuan pada keterampilan dan bahasa. Biasanya keterampilan mengoperasikan komputer dan bahasa Inggris sangat menentukan lulus tidaknya Anda di tahap ini.

pxhere.com
  1. Menyiapkan Mental dengan Baik

Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus dipersiapkan, tetapi Anda juga perlu menyiapkan mental. Hal ini karena kondisi mental yang siap akan membuat Anda lebih percaya diri dalam melewati setiap tahapan seleksi yang ada. Jangan sampai Anda stress sebelum menghadapi ujian karena akan berdampak pada hasil ujian nanti.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Setelah memastikan jika mental Anda siap untuk menghadapi ujian seleksi, maka menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang tak kalah penting. Percuma saja secara mental Anda sudah siap, namun Anda jatuh sakit menjelang hari ujian. Tentu semua persiapan yang Anda lakukan selama ini akan sia-sia.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup serta meminum sejumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, Anda bisa melakukan cek kesehatan untuk memastikan jika Anda tidak memiliki penyakit apapun yang bisa membuat Anda gugur pada tahap tes kesehatan.

Itulah penjelasan mengenai tips dan trik masuk ke STTD. Bagi Anda yang sangat ingin melanjutkan pendidikan di tempat ini, maka Anda sudah bisa mempersiapkannya sejak sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *