home pendidikan Fungsi Tulang Atas

Fungsi Tulang Atas

Tulang atas atau yang disebut dengan istilah humerus merupakan tulang gerak pada badan bagian atas manusia. Dalam sistem gerak manusia, tulang lengan atas menjadi bagian dari tulang anggota gerak atas yang bentuknya paling besar dan panjang. Tulang atas meruakan tulang yang berdekatan dengan tulang belikat pada bagian atas, dan bertemu dengan tulang pengumpil dan tulang hasta pada bagian bawah. Berdasarkan anatomis, tulang atas terbagi menjadi 3 bagian yakni bagian atas humerus, bagian humerus, dan bagian bawah humerus.

Nah bagi Anda yang hobi berolahraga, Anda dapat melatih kekuatan tulang atas Anda dengan berolahraga. Kekuatan dari tulang atas juga sangat mempengaruhi kekuatan tulang atas. Iya semakin kuat tulang atas maka akan semakin kuat pula orang tersebut dalam mengangkat beban. Beberapa latihan seperti push up, angkat beban, dan lain sebagai merupakan upaya untuk melatih kekuatan tulang atas. Untuk mendapatkan tulang atas yang kuat, tentunya harus berlatih secara rutin dan konsisten.

Latihan angkat bebean dapat menjadikan tulang atas menjadi lebih kuat dan sehat. Dalam hal ini Anda bisa berlatih angkat beban sesuai dengan takaran. Adapun cara melatih beban dapat dilakukan secarabertahap mulai dari beban yang agak ringan, semakin berat, hingga berat, dan seterusnya. Dalam berlatih, pastika Anda tidak langsung mengangkat beban berat, sebab hal tersebut dapat menjadikan risiko cidera pada tulang atas.

pexels.com

Struktur Tulang Atas

Tulang atas atau humerus memiliki bentung yang panjang, bulat, dan berongga. Tulang ini juga tergolong ke dalam tulang pipa, karena memang bentuknya yang menyerupai pipa dengan adanya kepala sendi pada bagian yang bersahutan dengan bahu. Tulang atas memiliki struktur halus yang dikelilingi oleh tulang belikat dengan ujung pada bagian atas yang membesar. Adapun pada bagian bawah tulang humerus terdapat dua lekukan yang menjadi tempat melekatnya tulang radius dan hasta.

Antara tulang atas dengan tulang selangka dihubungkan oleh sebuah scapula. Tulang humerus memiliki bagian leher anatomik yang bentuknya agak lebih panjang dan letaknya dibagian sebelah bawah tulang lengan atas. Kemudian pada bagian bawah leher anatomik tepatnya di luar ujung atas terdapat sebuah benjolan yang disebut dengan tuberositas mayor. Adapun untuk benjolan kecil di bagian depan disebut dengan tuberositas minor. Diantara tuberositas ini terdapat celah yang disebut dengan intertuberisitas atau celah bisipital yang fungsinya sebagai tempat melekatnya tendon dari otot bisep. Kemudian terdapat leher cirurgikum yag letaknya dibawah tuberositas dengan bentuknya yang agak sempit.

Adapun batang tulang humerus memiliki bentuk budar yang semakin ke bawah akan semakin pilih. Pada bagian pertengahan terdapat sebuah tuberkel yang disebut dengan tuberisitas deltoideus yang fungsinya adalah untuk menerima insersi atau kaitan otot deltoid. Selanjutnya pada bagian bawah tuberositas deltoideus terdapat sebuah celah yang disebut dengan celah radialis atau spiralis yang fungsinya adalah untuk memberikan jalan pada saraf muskulo spiralis atau saraf radialis.

Selanjutnya pada bagian ujung bawah tulang humerus memiliki entuk pipih dan lebar. Pada bagian bawah ini terdapat permukaan sendi yang fungsinya sebagai penghubung antara tulang atas dengan tulang lengan bawah. Nah sedangkan pada bagian dalam terdapat trokhlea yang bentuknya gelondong. Bagian ini menjadi tempat persendian dengan hasta dan pada bagian luar terdapat kapitulum yang bersendi dengan tulang pengumpil.

pexels.com

Fungsi Tulang  Atas

Tulang atas merupakan anggota dari sistem gerak atas pada manusia. Tulang gerak atas memiliki banyak sekali fungsi dalam sistem gerak manusia. Tulang atas memiliki bentuk yang bulat pada bagian atas dan semakin pipih pada bagian bawah. Bagi Anda yang ingin belajar mengenai tulang atas, Anda bisa mendapatkan berbagai materi lainnya di materibelajar.co.id.

Tulang atas memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Untuk menggerakkan bagian siku dan bahu. Tulang atas atau humerus memiliki fungsi sebagai pendukung gerakan pada siku dan bahu.
  2. Sebagai anggota tulang gerak atas. Tulang atas memiliki fungsi sebagai tulang anggota gerak bagian atas bersama dengan beberapa tulang lainnya. Tulang atas atau humerus menjadi salah satu bagian dari sistem gerak atas manusia.
  3. Menjadi tempat melekatnya otot utama. Tulang atas juga menjadi tempat melekatnya otot-otot utama seperti otot deltoid, pektoralis primer, rataor cuff, dan lainnya.
  4. Sebagai penopang kekuatan lengan. Tulang atas atau humerus juga berfungsi sebagai penopang kekuatan lengan tubuh manusia.
  5. Menjadi penghubung antara tulang lengan bawah dan gelang bahu. Iya dalam sistem anggota gerak atas, tulang humerus berfungsi sebagai penghubung antara gelang bahu dengan tulang lengan bawah pada sistem gerak atas manusia.
  6. Menjadi penghubung sendi putar yang terdapat dalam bagian lengan.
  7. Melakukan gerak eksistensi dan fleksi lengan. Gerak eksistensi adalah gerak meluruskan bagian tangan, sedangkan gerak fleksi merupakan gerak membengkokkan atau menekuk bagian tangan. Nah gerakan ini terjadi karena adanya tulang atas, persendian, serta tulang hasta pada bagian siku.
  8. Sebagai penghubung tulang lengan bawah dan gelang bahu. Tulang lengan atas berfungsi sebagai penghubung antara gelang bahu dengan tulang lengan bawah pada sistem tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *