home Islam Sudah Tahu Waktu yang Tepat Membaca Ayat Kursi

Sudah Tahu Waktu yang Tepat Membaca Ayat Kursi

Dari seluruh ayat yang ada di dalam Al-Quran, Ayat Kursi memiliki kedudukan yang paling tinggi. Ayat ini menjadi ayat yang paling agung karena memiliki nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Menjadi ayat pyang paling agung, tentu memiliki bergitu banyak keunggulan serta keistimewaan yang terkandung di dalamnya. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membacanya ?

Ayat yang Diturunkan Dengan Penuh Kehormatan

Ketika ayat ini diturunkan pertama kali, langit dan seluruh alam semesta menyambut dengan penuh kehormatan. Bahkan peristiwa ketika ayat agung ini diturunkan, keadaan bumi menjadi gembar dan terdapat gempa di seluruh dunia. Ayah agung ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, melalui malaikat Jibril dan diikuti 70 ribu malaikat.

Tidak hanya manusia saja yang mengalami kegaduhan akibat gempa, para syetan pun berlarian menghadap iblis laknatullah yang juga ketakutan. Raja iblis tersebut, lantas memerintahkan untuk mencari sumber datangnya gemuruh. Setelah tiba di tempat tersebut, maka para syetan pun melihat turunnya Ayat Kursi yang diberikan langsung kepada nabi Muhammad.

Hal ini membuat syetan menjadi ketakutan, hal ini karena melalui ayat ini kaum muslimin mendapatkan sebuah manfaat dan perlindungan kuat dari Allah SWT. Secara otomatis, upaya untuk menggoda dan mengajak manusia ke dalam jalan yang sesat menjadi terhalang. Oleh karena itu ayat ini dipercaya mampu menangkal dan pengusir syetan, serta menjadi penolong semua umat muslim yang mengamalkannya.

Menjadi Sebuah Kunci Surga

Begitu banyak keutamaan yang dimiliki ayat ini, dan menunjukkan betapa mulia serta ajaibnya ayat agung ini. Terdapat dua buah hadits yang menunjukkan manfaat dari ayat agung ini. Satu hadits diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad, sedangkan satu lagi diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Manfaat pertama yang akan didapat oleh ummat adalah, tidak akan ada yang mengganggu. Hal ini dibuktikan dengan sebuah cerita yang dialami oleh Abu Ayyub, kala itu Abu Ayyub sering didatangi jin di dalam tidurnya. Setelahnya Abu Ayyub mendatangi Rasulullah, yang bersabda untuk mengucapkan الله  رسول اجيبي الله بسم ketika bertemu kembali dengan jin tersebut.

Pada hari berikutnya, jin kembali datang dan ditangkaplah oleh Abu Ayyub. Jin berjanji untuk tidak akan kembali, sehingga Abu Ayyub melepaskannya. Mengetahui hal tersebut, Nabi mengatakan bahwa ia akan kembali lagi. Terbukti, memang jin tersebut kembali lagi. Abu Ayyub pun menangkapnya, dan sang ia berkata bahwa ada satu kalimat yang jika diucapkan niscaya tidak ada yang berani mengganggu. Kalimat yang dimaksud tersebut tidak lain adalah, Ayat Kursi.

Melalui hal tersebut, membuktikan bahwa sesungguhnya ayat agung ini dapat menjadi sebuah perisai untuk melindungi dari godaan syetan. Dengan nilainya yang agung tersebut, ayat ini dapat menjadi sebuah kunci surga serta sebuah doa perlindungan dari godaan syetan yang mengajak dalam keburukan.

Tidak hanya itu saja, nyatanya ayat yang juga disebut sebagai ayat Singgasana ini pun mampu membuat otak menjadi lebih mudah menangkap informasi. Apabila rutin mengamalkan atau membacanya, maka dapat meningkatkan daya ingat anda. Otak akan menjadi lebih mudah dalam memahami dan mencerna pengetahuan baru.

Waktu Terbaik Untuk Melafadzkannya

Terdapat nama dan sifat Allah yang sangat penting di dalam kandungan ayat ini seperti sifat ilahiyah, wahdaniyah, sifat hidup, kerajaan, kekuasaan, dan sifat kehendak. Ketujuh sifat tersebut tercantum dalam satu ayat, sehingga ummat Allah pun sangat dianjurkan untuk sering membacanya. Dalam membaca ayat ini, sangat dianjurkan untuk membaca dalam 3 waktu penting.

Waktu yang pertama adalah ketika pagi dan sore hari, apabila anda membacanya pada kedua waktu ini maka akan terlindungi dari godaan syetan dan jin. Terdapat hadits Al-Hakim yang mengatakan bahwa, barang siapa yang membacanya saat pagi maka ia akan mendapat perlindungan dari gangguan jin hingga petang. Anda dapat mendengarkan dan membacanya setiap hari, melalui beberapa aplikasi mp3 ayat kursi yang bisa diaplikasikan pada smartphone anda.

Waktu kedua yang sangat dianjurkan adalah, ketika sebelum tidur. Allah SWT akan memberikan penjagaan bagi siapapun yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur, sehingga syetan tidak akan bisa mendekat dan mengganggunya. Hal ini semakin diperjelas pada Hadits Al-Bukhari, barang siapa yang menyelesaikan membacanya maka syetan tidak dapat mendekat hingga pagi hari.

Waktu ketiga yang dianjurkan untuk membaca ayat agung ini adalah, setiap selesai shalat. Mengamalkan shalat 5 waktu setiap harinya, sudah memberikan amal yang luar biasa untuk anda. Apalagi jika diperkuat dengan membaca ayat Singgasana ini, maka dapat mengantarkan anda untuk memasuki surga Allah.

Rasulullah bersabda, barang siapa yang membacanya setiap selesai shalat wajib maka tidak ada yang menghalangi memasuki surga selain kematian. Dari ucapan oleh Nabi Muhammad tersebut, memperjelas keunggulan yang dimiliki oleh ayat Singgasana ini. Bacalah pada 3 waktu utama, untuk mendapat perlindungan Allah serta mempermudah untuk memasuki surga-Nya.

Dari seluruh ayat yang diturunkan oleh Allah SWT, ayat ke 255 dari surat Al Baqarah ini menjadi sebuah ayat yang paling agung diantara seluruh ayat Al- quran. Hal ini karena didalamnya mengandung berbagai nama Allah yang paling tinggi, oleh karena itu kaum muslim sangat dianjurkan untuk melafadzkan ayat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *