home Umum Apa Itu Warna Grey? Ini Pengertian dan Arti Dari Warnanya

Apa Itu Warna Grey? Ini Pengertian dan Arti Dari Warnanya

Tahukah Anda apa itu warna grey? Di Indonesia, warna ini biasa dikenal dengan warna abu-abu. Warna ini merupakan warna hasil dari penggabungan antara warna hitam dan warna putih, di mana warna ini termasuk warna yang netral.

Bagi sebagian besar orang, warna-warna netral seperti putih, hitam dan coklat selalu menjadi pilihan warna favorit. Namun meskipun begitu, terkadang ada saja rasa bosan terhadap warna-warna ini. Di saat itulah warna abu-abu atau grey bisa jadi alternatif pilihan yang tepat untuk menggantikan warna-warna tersebut.

Pengertian Warna Grey

Dalam dunia seni, warna merupakan salah satu unsur yang paling penting di mana jika penerapannya salah atau tidak cocok maka dapat membuat kesan jelek pada karya itu sendiri. Ada banyak jenis-jenis warna yang dapat kita temukan mulai dari merah, putih, hitam, biru, kuning hingga grey atau abu-abu. Warna abu-abu sendiri sebenarnya adalah sebuah warna yang bukan termasuk salah satu dari jenis-jenis warna.

Sama seperti warna hitam dan putih, warna abu-abu tidak terhitung dalam ragam jenis warna. Warna ini diartikan sebagai titik-titik hitam yang tidak sempurna seperti yang terdapat pada lukisan pointilisme. Warna ini dibuat dengan cara mencampurkan warna putih dan hitam. Sehingga terbentuklah warna hasil perpaduan terang dan gelap yang terlihat tegas sekaligus fleksibel dengan warna lainnya.

Warna grey menjadi salah satu warna yang posisinya berada di tengah. Pasalnya warna ini tidak terlalu kuat tapi tidak bisa juga dikatakan lembut. Abu-abu adalah warna netral yang terkesan simple, canggih, stylish dan modern. Terkadang, warna ini juga diartikan dengan tanggung jawab, kedewasaan, kemandirian dan kestabilan. Warna abu ini dapat menunjukkan sisi percaya diri dan bangga pada penampilan.

pxhere.com

Variasi Warna Grey

Sama seperti warna-warna lain, grey juga memiliki variasi atau beberapa tone warna yang berbeda. Bahkan di dalam dunia desain grafis, warna abu-abu disebut sebagai warna yang memiliki tingkatan nilai tertentu. Yakni mulai dari angka 0 dengan cahaya putih sempurna hingga angka 10 dengan warna gelap sempurna. Secara berurutan, warna abu ini adalah warna Gainsboro, Light Grey, Silver, Abu-Abu Tua, Abu-Abu, Dim Gray, Light Slate Grey, Slate Grey, Dark Slate Grey dan Hitam.

Pencampuran dari pigmen warna yang tepat masih bisa memungkinkan untuk dapat mendekati definisi warna abu-abu atau grey. Sebab pada dasarnya dalam membuat warna, jika campurannya kurang atau lebih walaupun cuma sedikit maka warna yang dihasilkan pasti akan berbeda. Agar mendapatkan warna abu yang diinginkan, Anda bisa memanfaatkan scantegrity untuk menemukannya.

Arti Warna Grey

Warna campuran antara hitam dan putih ini seringkali digunakan sebagai penetral atau penyeimbang. Dalam sisi positif, warna ini berarti menunjukkan keseriusan, kestabilan, kemandirian dan bahkan tanggung jawab. Namun di sisi lain, penggunaan abu-abu yang terlalu dominan dapat memberikan kesan tidak menarik, membosankan, menyedihkan serta tidak komunikatif. Selain itu, beberapa kesan negatif juga akan muncul seperti kurang percaya diri, kurang energi atau bahkan depresi.

Grey merupakan jenis warna netral yang juga bisa berarti pendiam, introvert dan tidak emosional. Orang-orang yang menyukai warna ini biasanya memiliki kepribadian yang gemar berbaur dengan orang lain dan lebih memilih untuk menghindari perhatian agar tidak terlalu menonjol. Perilaku ini mencerminkan kepribadian individu yang penuh dengan keseriusan, pekerja keras dan profesional.

pxhere.com

Pengaruh Warna Grey Menurut Psikologis

Dalam perspektif psikologi warna, grey adalah warna kompromi karena tidak hitam tapi juga tidak putih. Warna ini adalah transisi antara dua non-warna, di mana semakin pekat warna abu-abu, maka akan terkesan semakin dramatis dan misterius. Begitu juga bila warna abu-abu semakin pucat atau mendekati warna perak atau putih, maka akan terkesan semakin terang, semarak dan terbuka.

Menurut psikologi warna, abu-abu atau grey akan cenderung memberikan pengaruh, kesan dan makna tertentu, diantaranya yaitu:

  1. Menenangkan

Grey adalah warna yang menenangkan, tidak keras atau mengganggu dan dapat memberi fokus. Sehingga akan membantu konsentrasi dan menjernihkan pikiran yang dapat meningkatkan daya pikir.

  1. Membosankan

Dari sisi negatif, warna abu-abu dapat menunjukkan kesan sedih dan pilu. Selain itu, abu-abu juga bisa terlihat kusan, kuno dan membosankan.

  1. Tidak Emosional

Warna abu memiliki sifat netral yang dingin tanpa ikatan, tidak emosional serta memiliki efek stabil pada warna lain di sekitarnya.

pxhere.com
  1. Netral dan Fleksibel

Mengingat grey adalah warna transisi antara dua non-warna, hitam dan putih. Maka warna ini netral atau tidak memihak dan tidak berada di satu sisi saja.

  1. Menguras Energi

Subtansi abu-abu yang kurang dapat menguras energi pada mental dan fisik. Itu sebabnya warna ini kerap dikombinasikan dengan warna yang lebih cerah.

Itulah beberapa informasi terkait warna grey atau abu-abu yang merupakan perpaduan warna hitam dan putih. Warna ini memiliki efek menstabilkan pada warna lain sehingga pengaplikasiannya sangat terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *